Sukses


Penjelasan PSSI perihal Jadwal Liga 1 2018 Bentrok dengan Laga Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Indonesia mendapatkan sorotan dari media internasional setelah banyak warganet yang mengkritisi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi yang tetap menggelar pertandingan Liga 1 2018 pada saat Timnas Indonesia bermain di Piala AFF 2018.

Kompetisi domestik yang berjalan dan bahkan memiliki jadwal sama di saat Timnas Indonesia bertanding, menjadi tanda tanya. Untuk hal ini, PSSI punya alasan.

PSSI beralasan harus berakhirnya Liga 1 2018 pada 9 Desember 2018 sebagai penyebab tak lagi bisa menggeser pertandingan, meski hanya satu hari saja.

"Pararel pertandingan juga dikaitkan dengan slot waktu yang tersedia. Jadwal Piala AFF yang lebih butuh penyesuaian. Perlu diketahui, setelah Asian Games ada juga jeda dua pekan karena dinamika yang terjadi di liga," ujar Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono, mengingatkan tentang adanya penghentian kompetisi yang dilakukan menyusul insiden kematian suporter di Gelora Bandung Lautan Api.

"Kami mencoba agar hari pertandingan tidak bersamaan, setidaknya dengan waktu kick-off pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF. Kondisinya yang bisa saya sampaikan, slot waktu yang dikelola agar bisa diselesaikan tepat waktu. Ketika sudah 10 Desember, Indonesia sudah harus memasukkan nama-nama klub yang terdaftar untuk kompetisi AFC," lanjutnya.

Ada tiga pertandingan Liga 1 2018 yang digelar tepat di hari pertandingan Timnas Indonesia melawan Singapura di penyisihan Grup B Piala AFF 2018 (9/11/2018), yaitu Madura United vs Bhayangkara FC, Mitra Kukar kontra Persela Lamongan, dan Persib Bandung kontra PSMS Medan.

Hal serupa tidak terjadi ketika Timnas Indonesia menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (13/11/2018).

Namun, saat Timnas Indonesia bertandang ke Bangkok untuk menghadapi Thailand, lagi-lagi bentrok dengan jadwal pertandingan Liga 1 2018. Bahkan ada empat pertandingan digelar pada Sabtu (17/11/2018), bersamaan dengan kekalahan 2-4 Tim Garuda dari Timnas Thailand.

Sementara ketika Timnas Indonesia menjalani laga terakhir Grup B kontra Filipina di SUGBK, Minggu (25/11/2018), pada hari yang sama PSM Makassar menjamu Bali United dan tim Juku Eja menang telak 4-0.

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer