Sukses


Lagu Calvin Harris Rutin Iringi Latihan Persebaya

Jakarta - Persebaya Surabaya kini merangsek ke papan atas Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Bajul Ijo, julukan Persebaya, berada di posisi keenam dengan 47 poin.

Melonjaknya performa Persebaya setelah dipimpin Djajang Nurdjaman sejak 25 Agustus 2018. Sejak kepemimpinan Djanur, sapaan Djadjang Nurdjaman, performa Persebaya meningkat drastis. Bajul Ijo mencetak 28 gol dalam 12 pertandingan. Persebaya hanya kebobolan 15 gol.

Namun, tak hanya Djanur, penyanyi asal Skotlandia, Calvin Harris selalu membakar semangat pemain Persebaya. Lagu-lagu dari penyanyi berusia 34 tahun itu sering dipilih untuk menyemangati skuat Bajul Ijo.

Biasanya, psikolog Afif Kurniawan yang memilihkan lagu sebelum Persebaya memulai pertandingan. Speaker portable menjadi barang wajib dibawa untuk memutar musik.

Itu menjadi ritual pertama yang biasanya dilakukan skuat Persebaya Surabaya untuk menjalankan pertandingan. Lagu-lagu Calvin Harris dipilih untuk membangun mood para pemain.

2 dari 2 halaman

Kalimat Ritual

"Siap boy..! Siap boy..! Siap boy..!" Itu merupakan kalimat ritual yang wajib dilontarkan Djanur. Biasanya, sebelum pekikan penutup pembakar semangat itu, pelatih asal Majalengka tersebut menekankan kepada para pemainnya untuk selalu tampil ngenyel.

"Sejak awal harus waspada. Langsung agresif," kata Djanur saat laga menjelang Bhayangkara FC, 26 September lalu, dikutip dari situs resmi Persebaya.

Tak hanya itu, asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro juga juga ritual. Legenda Persebaya itu biasanya meminta para pemain untuk menjaga nama baik.

"Jaga nama kalian. Jaga nama di dada. Tunjukkan pada semua orang, bahwa kalian bisa," begitu bunyi kalimat penyemangat dari Bejo.

Magnetic white board putih adalah barang wajib lain yang harus ada di kamar ganti Persebaya. Item itu ikut dibawa saat away.

White board putih itu sangat penting, karena dengan barang itu Djanur dan Bejo bersama tim pelatih bisa memberikan analisa serta arahan terkait taktik dan strategi dengan lebih baik.

 

Video Populer

Foto Populer