Sukses


Mantan Kapten Chelsea Bawa Pemain Asal Mojokerto ke Inggris

Bola.com, Malang - Satu pemain binaan ASIFA (Aji Santoso International Football Accademy) Malang bakal menimba ilmu sekaligus trial di Inggris. Dia adalah Liba Valantino yang berusia 16 tahun.

Pemain kelahiran Mojokerto, Jawa Timur itu masuk dalam 20 pemain yang akan diberangkatkan oleh PSSI menuju Inggris. Itu merupakan program kerja sama dengan federasi sepakbola Inggris yang dinamakan Elite FA Accademy. Rencananya, pemain yang akrab disapa Tino tersebut akan berangkat pada 2 Januari 2019. 

Prestasi itu diraih berkat proses seleksi yang dipantau langsung oleh mantan kapten Chelsea, Dennis Wise pada Oktober lalu di Makassar.

“Waktu itu saya memperkuat Perseru Serui U-16 kebetulan waktu main di Makassar. Saya lolos seleksi dan sempat dilatih langsung oleh Dennis Wise. Kemudian lanjut seleksi di Jakarta dan berhasil masuk dalam tim yang akan diberangkatkan ke Inggris,” kata Tino, saat ditemui di ASIFA, Malang.

Tino bersaing dengan pemain dari timnas U-16. Dia tidak canggung karena memang sempat jadi bagian dari timnas kelompok usia tersebut tahun lalu. “Tentu senang bisa lolos dan akan ke Inggris. Sekarang yang saya siapkan lebih banyak ke fisik karena cuaca di sana pasti beda dengan Indonesia,” jelasnya.

Rencananya, Tino akan berada di Inggris selama tujuh bulan. Di sana dia akan menimba ilmu sekaligus bermain di hadapan banyak pemandu bakat klub-klub Inggris.

“Memang cukup lama di sana. Tapi saya sudah punya pengalaman beberapa waktu lalu ke Eropa, tepatnya ke Swedia dan Denmark waktu Gothia Cup beberapa tahun lalu,” sambungnya.

Tino mengaku sudah memiliki gambaran harus bermain seperti apa waktu di Inggris nanti. Dia mendapatkan masukan dari Dennis Wise saat seleksi di Makassar.

“Yang saya ingat dari pesannya, main bola itu harus sederhana atau simpel,” tegasnya.

Tino berposisi asli sebagai stoper dan bek kiri shingga bermain simpel memang jadi kunci utama di posisi itu. “Saya belum tahu nanti bermain di posisi apa saja selama di Inggris. Tapi saya akan berusaha mengeluarkan segala kemampuan saya,” pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer