Sukses


Keputusan Memilih Simon McMenemy Jadi Pelatih Timnas Indonesia Dianggap Tepat

Bola.com, Solo - PSSI secara resmi menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia. Posisi pelatih Tim Merah-putih sempat kosong setelah kontrak Bima Sakti tak lagi diperpanjang usai Piala AFF 2018.

Pasca ditinggal Luis Milla, Timnas Indonesia krisis sosok pelatih yang dianggap berkualitas.

Penunjukkan Simon sebagai pelatih baru Timnas Indonesia dinilai sebagai langkah yang tepat. Berbekal pengalaman melatih, meski usianya masih relatif muda, 41 tahun, Simon disebut memang layak membesut Timnas Indonesia.

Mantan pemain sekaligus kapten Timnas Indonesia, Agung Setyabudi, memiliki pendapat terkait Simon Mcmenemy yang terpilih mengisi jabatan pelatih Tmnas Indonesia. Menurut Agung, kali ini PSSI lebih jeli dalam menentukan pelatih yang pantas menangani Timnas Indonesia dengan bekal pengalaman.

"Dia (Simon Mcmenemy) saya lihat cukup mumpuni untuk pegang Timnas Indonesia senior. Pengalamannya menukangi Timnas Filipina pada Piala AFF 2010 cukup menjadi bukti. Artinya, Simon sudah cukup mengenal persepakbolaan antarnegara di Asia Tenggara," jelas Agung Setyabudi kepada Bola.com, Jumat (20/1/12/2018).

Modal lain yang dimiliki Simon adalah juga sangat mengenal persepakbolaan Indonesia dengan menukangi Bhayangkara FC dalam dua musim terakhir. Bahkan Simon berhasil membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 pada musim 2017.

Sebelumnya, Simon membesut Mitra Kukar (2011-2012) dan Pelita Bandung Raya (2012-2013), namun tak tuntas karena kontraknya diputus di tengah jalan.

"Prestasi lain dengan membawa Bhayangkara FC juara tahun lalu, berarti juga jadi nilai plus. Dengan pengalaman seperti itu, Simon cukup mengetahui atau memilih karakter pemain-pemain Indonesia yang bisa dipanggil ke Timnas," imbuh pria yang membawa PSIS Semarang juara Liga Indonesia 1999 ini.

Agung Setyabudi berharap Simon McMenemy dapat langsung bekerja dengan mengumpulkan pemain. Hal itu bisa dijadikan sebagai adaptasi dengan pemain Timnas. Laga ekshibisi atau uji coba dinilai sangat tepat untuk debut bagi Simon.

"Program Timnas Indonesia setelah menunjuk Simon, ya menggelar uji coba dengan negara-negara tetangga juga tidak masalah. Meski, pemain sedang libur kompetisi, tidak ada salahnya berlatih dan bertanding untuk Timnas Indonesia. Sambil menunggu agenda resmi dari PSSI untuk musim 2019," ucap Agung.

Video Populer

Foto Populer