Sukses


Mantan Pelatih Arema Fokus ke Madrid Ketimbang Klub Musim Depan

Bola.com, Malang - Mantan pelatih tim senior Arema FC, Joko Susilo lama tak terdengar kiprahnya. Setelah mundur dari kursi pelatih pertengahan musim 2018, dia membesut Akademi Arema, yakni tim U-19 Arema.

Lantas bagaimana rencananya musim depan? Ternyata sampai saat ini dia masih belum memikirkan kariernya akan menangani tim mana.

“Saya mengalir saja. Belum ada tawaran melatih yang harus dipertimbangkan saat ini. Karena saya fokus menuntaskan lisensi kepelatihan AFC Pro,” jelasnya.

Saat ini, Getuk, sapaan akrabnya, sibuk dengan urusan upgrade kepelatihan. Selain menuntaskan beberapa modul kursus AFC Pro, dia juga sempat jadi instruktur untuk kursus kepelatihan D PSSI beberapa waktu lalu di Bojonegoro.

Pada pertengahan Januari, dia akan ke Madrid, Spanyol, untuk melanjutkan rangkaian kursus kepelatihan AFC Pro. Tentunya banyak ilmu yang akan didapatkannya. 

“Saya akan ke Madrid pada 18 Januari mendatang bersama para pelatih yang ikut kursus AFC Pro. Sebelum pertengahan tahun depan, kursus ini sudah selesai. Dan saya akan mengalir seperti air saja melatih dimana,” tegasnya. 

Sebenarnya, sangat disayangkan jika Getuk hanya menangani tim Arema U-19 dengan lisensi kepelatihan AFC Pro nanti. Peluang untuk kembali masuk kepelatihan tim senior Arema memang ada.

Namun, ada peluang juga baginya untuk kali pertama merantau ke luar Malang sebagai pelatih. Sejak merintis karier kepelatihan tahun 2004, dia tak pernah keluar dari Arema.

Getuk juga tidak gengsi melatih tim U-19. Ia menyiapkan pemain yang cocok untuk dipromosikan ke tim senior. Pada musim depan sudah ada tiga pemain yang dipromosikan ke Arema senior, yakni Andrias Fransisco, Akhmad Galih, dan Vikrian Akbar.

WAW, Tim E-Sports Reza Arap yang Potensial

Tutup Video

Video Populer

Foto Populer