Sukses


Suporter PSM Ungkap Kriteria Pelatih Ideal

Bola.com, Makassar - PSM Makassar baru merilis delapan pemain anyar untuk memperkuat Juku Eja menghadapi Piala Indonesia, Piala AFC, dan Liga 1. Mereka adalah Beny Wahyudi, Harry Prasetyo, Munhar, Bayu Gatra (eks Madura United) dan Taufik Hidayat, Yandi Sofyan (Bali United). Serta dua pemain asing, Eero Markkanen (Finlandia) dan Aaron Evans (Australia).

Namun, pada latihan perdana Selasa sore (15/1) sore, PSM belum didampingi pelatih kepala pengganti Robert Alberts yang mundur karena alasan kesehatan.

Untuk sementara, latihan PSM ditangani trio pelatih Imran Amirullah, Bahar Muharram, dan Syamsuddin Batola plus Herman Kadiaman (pelatih kiper).

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, berjanji akan segera menentukan pelatih paling lambat pekan depan.

Sejumlah nama sudah sudah dikantongi manajemen. Di antaranya, Marian Mihail (eks Direktur Teknis Timnas Rumania), Alfred Riedl (eks pelatih Timnas Indonesia), Mario Gomez (eks Persib Bandung), dan Julio Cesar Moreno (eks pelatih Timnas Hong Kong/Direktur Teknis Timnas Thailand).

Kalangan suporter yang dihubungi Bola.com, Selasa (15/1/2019), berharap kualitas pelatih baru minimal menyamai Robert. Seperti dikatakan Andi Coklat, pentolan suporter PSM.

"Pelatih baru PSM harus memenuhi tiga kriteria yakni berkelas, berwibawa dihadapan pemain dan punya visi," ungkap Coklat.Berdasarkan kriteria itu, Coklat lebih cenderung PSM ditangani pelatih asing.

"Sebenarnya ada sosok pelatih lokal yang pantas menangani PSM, yakni Syamsuddin Umar. Tapi, coach Syam terkendala lisensi sebagai persyataran," lanjut Coklat.

 

2 dari 2 halaman

Pelatih Asing

Selain memenuhi kriteria di atas, pelatih anyar PSM harus menyelaraskan programnya dengan pelatih terdahulu. "Karena semua pemain yang ada saat ini berdasarkan rekomendasi Robert. Aasisten yang dipertahankan PSM juga pembantu Robert musim lalu," tuturnya.

Sementara itu, Sadat RG, Sekjen Red Gank, kelompok suporter PSM, berharap manajemen secepatnya menentukan pelatih. "Karena persiapan tim harus lebik baik dari musim lalu. Apalagi tahun ini PSM menghadapi tiga event sekaligus," tegas Sadat.

Seperti Coklat, Sadat sepakat, pelatih PSM sebaiknya berasal dari luar Indonesia. "Rata-rata pelatih asing lebih disiplin. Pemain pun lebih segan," katanya.

Harapan serupa diungkap Daeng Uki, jendral lapangan Laskar Ayam Jantan. Menurut Daeng Uki, yang selalu mendukung langsung PSM di laga kandang dan tandang ini, pelatih baru PSM nanti harus memiliki komitmen yang jelas dan memiliki standar kepelatihan yang tinggi.

"Saya berharap semua elemen di PSM bisa memberikan yang terbaik buat tim. Kami sudah lama mememdam kerinduan melihat PSM meraih trofi juara Liga 1," pungkas Daeng Uki mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer