Sukses


Vigit Waluyo Tetap Bantah Terlibat Pengaturan Skor

Bola.com, Surabaya - Pengelola PS Mojokerto Putra (PSMP), Vigit Waluyo, tetap membantah terlibat pengaturan skor kendati sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Antimafia Bola. Vigit memang mengaku jika dirinya menyetorkan dana sebesar Rp 25 juta di setiap pertandingan yang dijalani timnya, namun bukan untuk mengatur skor.

Dari pengakuan Vigit, uang sebesar itu ia setorkan pada Komite Wasit PSSI atas saran anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto alias Mbah Putih setelah ia berkonsultasi menyusul adanya gangguan dari wasit di pertandingan sebelumnya.

“Kami awalnya bertemu dengan Mbah Putih. Dia memberi saran kepada saya untuk bertemu Mas Nasrul Koto,” kata Vigit saat menggelar jumpa pers di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim, Kamis, 24 Januari 2019.

Nasrul Koto merupakan anggota Komite Wasit PSSI. Vigit mengatakan, atas saran Mbah Putih pula, ia menemui Nasrul. Namun lagi-lagi, Vigit tetap mengelak jika uang setoran ke Nasrul tersebut dikaitkan dengan pengaturan skor, tapi supaya tidak dikerjai wasit.

Setelah pertemuan itu, Vigit membenarkan jika tim yang dikelolanya benar-benar aman, tidak ada gangguan dari wasit. “Setelah itu pertandingan kami aman-aman saja. Maksudnya sudah tidak lagi diganggu dari perwasitan,” tuturnya.

“Uang itu hanya untuk memberikan kontribusi dari tekanan yang diberikan oleh beberapa pihak di PSSI. Jadi kami berikan uang itu untuk menjamin agar kami tidak dikerjai. Kami tidak pernah melakukan pengaturan skor sama sekali,” tambahnya.

Pria asal Sidoarjo ini juga mengatakan, baru menghubungi oknum PSSI itu pada musim 2018 lalu. Dan selama ini, tidak ada besaran uang dalam jumlah besar di setiap transaksi tersebut. “Pada kompetisi Liga 2 tidak ada uang besar sama sekali,” ujarnya.

Namun pengakuan Vigit patut dipertanyakan. Pasalnya, seperti disebutkan oleh mantan runner pengaturan skor, Bambang Suryo, Vigit merupakan salah satu kepanjangan tangan Bandar judi dari Kamboja. Maka itu, Satgas musti menelusuri lebih jauh dugaan keterlibatan Vigit dalam banyak pertandingan lain atau sebelum kompetisi di musim-musim sebelumnya.

Video Populer

Foto Populer