Sukses


Mengenal 4 Rekrutan Anyar Persija yang Siap Diandalkan di Musim 2019

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta merekrut sembilan pemain pada bursa transfer 2019. Sebagai juara bertahan Liga 1 Tim Macan Kemayoran tentu tak ingin kehilangan muka dengan tetap kompetitif di persaingan juara.

Beberapa di antaranya disiapkan manajemen klub untuk menjadi andalan dalam ajang turnamen Asia.

Sayangnya empat pemain anyar seperti Ryuji Utomo, Neugete, Bruno Matos, dan Jahongir Abdumuminov dipastikan tidak bisa tampil membela Persija di Liga Champions Asia. Mereka terkendala izin International Transfer Certificate (ITC) karena bursa transfer PSSI belum resmi dibuka, sementara pendaftaran buat fase penyisihan Liga Champions Asia atau Piala AFC sudah ditutup.

Berdasarkan regulasi FIFA, bursa transer kompetisi domestik bisa dibuka dua bulan sebelum jadwal kick-off. Jendela transfer Liga 1 belum terlaksana karena jadwal resmi tak muncul hingga saat ini.

Manajemen Persija jelas kecewa dengan situasi ini, mengingat tujuan utama mereka melakukan rekrutan cepat agar bisa kompetitif di persaingan level Asia.

Walau begitu, kehadiran muka-muka baru menjadi penyegar bagi tim ibu kota. Gaya bermain Persija tak mudah ditebak lawan dengan kehadiran amunisi gres. Apalagi kini klub pengoleksi 11 gelar juara kompetisi kasta tertinggi Tanah Air ditukangi arsitek baru: Ivan Kolev. 

Seberapa penting peran Ryuji, Neugete, Bruno, dan Jahongir yang jadi andalan baru Persija? Berikut ini Bola.com mencoba menjabarkannya rekam jejak karier mereka untuk pembaca setia.

2 dari 5 halaman

Ryuji Utomo

Persija meresmikan Ryuji sebagai pemain anyar, 26 Desember 2018. Pemain 23 tahun itu terikat kontrak berdurasi dua musim, atau hingga 2021.

Kehadiran Ryuji akan membuat lini belakang Persija semakin solid. Dia memiliki banyak pengalaman untuk mengantarkan tim Macan Kemayoran berprestasi musim depan.

Sepanjang kariernya, berbagai klub lokal maupun internasional pernah dibela Ryuji. Sebut saja seperto Mitra Kukar, Al-Najma, Arema FC, PTT Rayong, dan juga Persija.

Performa apik Ryuji juga membuatnya menembus Timnas Indonesia senior. Dia mencatatkan debut ketika Garuda melawan Myanmar, 21 Maret 2017.

Profil singkat Ryuji

  • Nama Lengkap: Ryuji Utomo Prabowo
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Juli 1995
  • Tinggi: 184 cm
  • Posisi: Bek tengah/gelandang bertahan
  • Usia: 23 tahun
3 dari 5 halaman

Neguete

Kepergian Jaimerson da Silva ke Madura United membuat Persija bergerak mencari pemain anyar. Manajemen klub kemudian melabuhkan hatinya kepada Neguete.

Pemain dengan nama asli Vinicius Lopes Laurindo itu resmi diperkenalkan ke publik, Kamis (17/8/2019). Dia terikat kontrak bersama Macan Kemayoran dengan durasi semusim.

Neguete memiliki catatan yang bagus di klub sebelumnya. Selain menjadi andalan, dia juga memiliki banyak pengalaman tampil di kompetisi Brasil, yakni Serie A dan Serie B.

Neguete juga satu di antara bek yang terbilang "bersih" dalam mengawal pertahanan. Selama karirnya, sang pemain hanya mendapatkan satu kartu merah dan sembilan kartu kuning. Ia juga memiliki postur yang sangat ideal, yakni 190 cm.

Profil singkat Neguete

  • Nama Lengkap: Vinicius Lopes Laurindo
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Belo Horizonte, 3 Mei 1990
  • Tinggi: 190 cm
  • Posisi: Bek tengah
  • Usia: 28 tahun
4 dari 5 halaman

Bruno Matos

Bruno didatangkan Persija untuk mengisi peran Renan Silva yang hijrah ke Borneo FC musim ini. Aura optimistis mencuat setelah manajemen klub memboyong pemain asal Brasil tersebut.

Tampil sebagai gelandang serang, Bruno tampil produktif ketika berseragam klub Malaysia, PKNS, musim lalu. Dia tercatat mendulang 13 gol dari 19 pertandingan.

Bruno menunjukkan performa apiknya ketika Persija menang 8-2 atas 757 Kepri Jaya pada laga 32 besar Piala Indonesia, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (23/1/2019). Dalam laga itu, sang pemain mendulang satu gol dan satu assist.

Bruno hampir memiliki atribut lengkap sebagai gelandang serang. Selain kecepatan, akurasi umpan sang pemain juga di atas rata-rata pemain nasional.

Profil singkat Bruno

  • Nama Lengkap: Bruno Oliveira de Matos
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Bara, Bahia, 3 Juni 1990
  • Tinggi: 182 cm
  • Posisi: Gelandang serang
  • Usia: 28 tahun
5 dari 5 halaman

Jahongir Abdumuminov

Persija resmi mengumumkan rekrutan anyar, yakni Jahongir, 11 Januari 2019. Gelandang asal Uzbekistan itu diproyeksikan bakal mengisi peran Rohit Chand.

Sebelum bergabung dengan Persija, Abdumuminov membela klub Tajikistan, FC Istiklol. Namun, pemain 25 tahun itu lebih lama berkarier di negara asalnya bersama FK Mash'al (2010-2014), AGMK (2015), Metallurg Bekabad (2016-2017) dan Sogdiana (2018).

Abdumuminov berhasil mengantarkan FK Mash'al menjuarai Liga Uzbekistan kasta kedua pada 2013. Selain itu, dia juga membawa tim yang lahir pada 1984 itu menjuarai Piala Uzbekistan (2014).

Performa apik membuat Abdumuminov menuai panggilan negara. Dia dipercaya bermain di berbagai rentang usia, yakni U-19 sebanyak enam penampilan, U-20 (2), U-23 (3), dan senior (2).

Profil singkat Jahongir Abdumuminov

  • Nama Lengkap: Jahongir Abdumuminov
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Muborak, 9 Februari 1993
  • Tinggi: 185 cm
  • Posisi: Gelandang tengah
  • Usia: 25 tahun

Video Populer

Foto Populer