Sukses


Fachrudin Sebut Simon McMenemy Bawa Gaya Baru ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Bek tengah langganan Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto, masuk Skuat Garuda asuhan Simon McMenemy yang melakukan pemusatan latihan di Australia dan Bali untuk mempersiapkan diri menghadapi Myanmar dalam laga uji coba internasional pada 25 Maret 2019.

Meski baru pertama kali ditangani Simon McMenemy, Fachrudin optimistis mampu beradaptasi dengan permainan yang akan diterapkan pelatih asal Skotlandia itu.

Simon McMenemy membawa sedikit perubahan ke dalam Timnas Indonesia setelah ditunjuk PSSI. Simon tidak hanya memadukan tim yang terdiri dari pemain muda, senior, dan naturalisasi, tetapi juga menerapkan strategi dengan formasi dasar 4-4-2 berlian yang belakangan jarang digunakan tim-tim di Indonesia, termasuk di level timnas.

Sebelum bertolak ke Australia, Timnas Indonesia menggelar dua latihan di Jakarta, pada Kamis pagi (7/3/2019) dan Jumat malam (8/3/2019). Pemain langsung berlatih dengan rencana permainan yang diterapkan Simon McMenemy dalam sebuah sesi tertutup.

Beberapa pemain mengungkapkan mantan pelatih Timnas Filipina itu menerapkan formasi 4-4-2 dengan lini tengah seperti berlian, yang membuat empat gelandang lebih ke dalam untuk memperkuat lini tengah dan tidak terlalu mengandalkan kecepatan sayap.

Meski terbilang merupakan strategi yang baru, Fachrudin Aryanto mengaku dirinya dan pemain lain cepat beradaptasi dengan pola yang diinginkan Simon McMenemy.

"Ya, kami berlatih bagus dan cepat beradaptasi dengan permainan yang diinginkannya. Setiap pelatih tentu memiliki karakter masing-masing," ujar Fachrudin Aryanto, Jumat malam (8/3/2019).

"Namun, dalam sepak bola sedikit perbedaan tidak terlalu masalah. Kami tetap bisa memahami permainan coach Simon. Saat ini kami baru bergabung, jadi kami masih dalam tahap pengenalan," lanjut bek Madura United itu.

Timnas Indonesia saat ini sudah bertolak ke Perth, Australia, untuk menjalani pemusatan latihan hingga 17 Maret. Selama TC di Perth, Fachrudin dkk. diagendakan menjalani satu laga uji coba kontra Perth Glory FC.

Setelah itu, tim asuhan Simon McMenemy itu kembali ke Tanah Air dan melanjutkan pemusatan latihan di Bali hingga 21 Maret sebelum bertolak ke Myanmar dan bertanding pada 25 Maret 2019.

Video Populer

Foto Populer