Sukses


Prediksi PSM Vs Persipura: Dilema Juku Eja

Bola.com, Magelang - PSM Makassar tidak boleh kalah dari Persipura Jayapura pada laga kedua Grup C di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (10/3/2019). Hal itu karena Juku Eja yang tampil dengan materi terbaik, minus Eero Markkanen, takluk 0-1 di tangan Kalteng Putera pada laga perdana (6/3/2019).

Masalahnya, pada pertandingan ini, pelatih PSM, Darije Kalezic, sudah menegaskan bakal menurunkan pemain pelapis dengan alasan timnya lebih fokus menghadapi Lao Toyota (Laos) di laga kedua Grup H Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3/2019).

"Saya tidak mungkin memainkan materi sama dengan jadwal padat seperti ini. Bagi saya dan PSM, Piala AFC lebih penting karena bukan hanya membawa nama Makassar, tapi juga Indonesia," ujar Darije.

Menghadapi Persipura, Darije menyiratkan tidak memainkan empat pemain asingnya, yaitu Aaron Evans (Australia), Wiljan Pluim, Marc Klok (Belanda), dan Markkanen (Finlandia). Dua pilar lokal, M. Rahmat dan Rizky Pellu, juga tengah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya akan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pemain unjuk kemampuan di Piala Presiden," tutur Darije.

Hal itu berarti di lini depan, Guy Junior berpeluang jadi tombak utama. Sedangkan ditengah tanpa trio Pluim-Klok-Pellu, Darije bakal memberi kesempatan kepada Rasyid Bakri dan M. Arfan sebagai opsi utama.

Eks PSM U-19, Takwir, mendapat kesempatan tampil sebagai pendamping dua seniornya itu, Di lini belakang PSM, Munhar bisa jadi alternatif utama pengganti Evans.

2 dari 3 halaman

Tak Terlena

Di kubu lawan, pelatih Persipura, Luciano Leandro, menegaskan tidak mau terlena dengan rencana PSM menurunkan pemain pelapis.

"Saya sudah tekankan kepada seluruh pemain agar fokus pada pertandingan nanti. Soal rencana PSM, itu urusan mereka," ujar Luciano.

Kemenangan 3-1 atas PSIS Semarang pada laga perdana adalah momentum kebangkitan Persipura setelah tersingkir dari Piala Indonesia 2018.

"Kami wajib menjaga momentum itu. Apalagi posisi Persipura belum sepenuhnya aman. Itulah mengapa saya tetap menurunkan materi terbaik melawan PSM," kata Luciano.

Materi terbaik itu termasuk Luis Carlos, striker anyar yang sudah bergabung dengan tim sejak Minggu (3/3/2019). "Kalau administrasi beres, saya akan memainkan Luis Carlos pada pertandingan ini," ucap Luciano.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Panggih Prio Sembodho (K); Israel Waimau, Andre Ribeiro, Anis Tjoe, Valentino Telaubun (B); M. Tahir, Immanuel Wanggai, Oh In-kyun (T); Wallacer Andrade, Titus Bonai, Boaz Solossa (D)

Pelatih: Luciano Leandro

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah (K): Hendra Wijaya, Abdul Rahman, Munhar, Reva Adi Utama (B); Rasyid Bakri, M. Arfan, Takwir (T);Bayu Gatra, Guy Junior, Saldy Amiruddin (D)

Pelatih: Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer