Sukses


Piala Presiden: Gomes de Oliveira Senang Pemain Kalteng Putra Dapat Tekanan dari Rival di Grup C 

Bola.com, Sleman - Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, merasa senang dengan ketatnya persaingan babak penyisihan Grup C di Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar dari Stadion Moch. Soebroto, Magelang. 

"Piala Presiden ini sangat bagus untuk menggembleng fisik dan mental pemain sebelum kompetisi Liga 1. Banyak manfaat yang kami peroleh. Setidaknya, tim pelatih dan pemain punya gambaran bagaimana menghadapi Liga 1 mendatang," tutur Gomes. 

Sebagai debutan di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, kerasnya rivalitas di Piala Presiden 2019 ini juga membuka wawasan jajaran manajemen Kalteng Putra untuk menyiapkan segala sesuatunya lebih serius. 

"Saya kira pengurus jadi tahu, bagaimana mengelola dan membangun tim yang mumpuni. Sebagai pendatang baru di Liga 1, manajemen harus banyak belajar. Saya pun juga terus belajar. Tensi persaingan tiap musim selalu berbeda dibanding sebelumnya karena kekuatan peserta Liga 1 juga mengalami perubahan dari sisi pelatih, pemain, dan target mereka di kompetisi nanti," tuturnya.

Pelatih asal Brasil yang telah lama tinggal di Indonesia ini menarik contoh perubahan kekuatan tiga tim di Grup C seperti PSIS Semarang, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

"Ketiga tim ini melakukan perubahan mulai jajaran pelatih dan pemain. PSIS masih dipegang Jafri Sastra, tapi mereka mengontrak pemain baru yang bagus. Sedangkan PSM dan Persipura, dengan pelatih baru gaya main mereka ikut berubah. Ini membuat persaingan grup ini sangat ketat," jelasnya.

Gomes juga sempat melihat permainan klub-klub Liga 1 lainnya.

"Kesimpulan saya, Liga 1 2019 bakal lebih ketat dan seru dibanding musim lalu. Makanya, Kalteng Putra pun harus menyiapkan diri dengan matang. Apalagi kami harus bermain di Bantul, karena Stadion Tuah Pahoe dalam proses renovasi. Masalah main di Bantul ini juga harus dipikirkan bersama agar tak mengganggu langkah Kalteng Putra di kompetisi nanti," katanya.

Video Populer

Foto Populer