Sukses


8 Klub ke Perempat Final Piala Presiden 2019, Kalteng Putra Dikeroyok Klub dari Pulau Jawa

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Kalteng Putra menjadi juara Grup C Piala Presiden 2019 memastikan mereka menjadi tim terakhir yang lolos ke perempat final setelah menang 3-1 atas Persipura Jayapura di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (16/3/2019).

Kalteng Putra, yang sempat tertinggal lebih dulu berhasil bangkit dan meraih kemenangan 3-1, saat menghadapi Persipura di Magelang pada Sabtu sore. Kemenangan itu membawa Kalteng Putra menggeser posisi Persipura dari peringkat pertama Grup C karena unggul dalam head to head.

Kemenangan 1-0 yang diraih PSIS Semarang atas PSM Makassar seakan tak berarti karena dengan skema tiga tim memiliki enam poin yang sama, selisih gol di antara ketiga tim, tanpa menghitung hasil kontra PSM, menjadi penentu akhir. Kalteng Putra pun lolos sebagai juara grup.

Kalteng Putra menjadi satu-satunya klub dari luar Pulau Jawa yang akan tampil di delapan besar Piala Presiden 2019.

Dari bagian barat Pulau Jawa ada tiga tim yang bermarkas di Jakarta dan sekitarnya, yaitu Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Tira-Persikabo. Persija lolos sebagai juara Grup D Piala Presiden 2019 yang digelar di Sleman.

Persija, yang tak terkalahkan, berhasil lolos dengan keunggulan selisih gol atas Madura United, yang juga sama-sama mengemas poin tujuh, setelah kedua tim bermain imbang di laga kedua.

Dari Grup B, Bhayangkara FC melangkah ke perempat final Piala Presiden 2019 dengan catatan sempurna. Tim asuhan Angel Alfredo Vera itu lolos dengan tiga kemenangan mutlak atas Semen Padang, Mitra Kukar, dan Bali United yang digelar di Stadion Patriot, Candrabhaga, Bekasi.

Tira-Persikabo berhasil lolos ke perempat final dari Grup A setelah menjadi satu dari tiga runner-up terbaik. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu menempati peringkat kedua dari lima tim yang menjadi runner-up di lima grup Piala Presiden 2019.

2 dari 3 halaman

4 Tim Jawa Timur

Empat tim lain berasal dari Jawa Timur. Mereka adalah Persebaya Surabaya, Arema, Madura United, dan Persela Lamongan.

Persebaya lolos ke perempat final sebagai juara Grup A Piala Presiden 2019, memiliki jumlah poin yang sama seperti Tira-Persikabo. Persebaya jadi juara grup setelah unggul agresivitas gol dari Tira Persikabo, yang jadi runner-up.

Selain Persebaya, tim asal Jawa Timur yang lolos sebagai juara grup adalah Persela Lamongan, yang mengemas tujuh poin di Grup E Piala Presiden 2019 yang digelar di Malang. Persela berada di puncak dengan unggul satu poin dari tuan rumah Arema FC, yang juga lolos ke perempat final sebagai tim terakhir dalam daftar tiga besar runner-up.

Satu lagi runner-up terbaik yang melangkah ke perempat final adalah Madura United. Madura United memiliki poin sama dengan Persija di Grup D Piala Presiden 2019 dan berhak finis sebagai runner-up terbaik. Laskar Sapeh Kerrab berada di peringkat teratas dalam tabel klasemen tiga runner-up terbaik.

Di sisi lain, perempat final Piala Presiden 2019 digelar pada 29 dan 31 Maret 2019. Dalam satu hari akan digelar dua pertandingan dengan format single match. Pertandingan akan digelar setelah melewati proses drawing, empat dari lima juara grup akan menjadi tuan rumah penyelenggara perempat final.

3 dari 3 halaman

Daftar Tim Peserta 8 Besar Piala Presiden 2019

Juara Grup

Grup A: Persebaya Surabaya 

Grup B: Bhayangkara FC

Grup C: Kalteng Putra

Grup D: Persija Jakarta

Grup E: Persela Lamongan

3 Tim Runner-up Terbaik

Madura United (Grup D)

Tira Persikabo (Grup A)

Arema (Grup E)

Video Populer

Foto Populer