Sukses


PSSI Akan Bawa Bukti Naturalisasi Pemain Belanda Serupa Ezra Walian ke FIFA

Bola.com, Jakarta - PSSI menyatakan menghormati keputusan FIFA terkait status naturalisasi striker Timnas Indonesia, Ezra Walian. Namun, PSSI juga akan melakukan challenge terhadap keputusan itu. Satu hal yang dibawa PSSI ke FIFA adalah bukti proses naturalisasi serupa, yang sudah pernah dilakukan, termasuk pemain Belanda menjadi Indonesia, yang sudah terjadi sebelumnya.

Ezra Walian tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 setelah FIFA melakukan review terhadap dokumen yang dimiliki pemain kelahiran Belanda berdarah Manado itu. Merujuk Pasal 8 dalam statuta FIFA, Ezra Walian yang pernah bermain di Timnas Belanda U-17, dinyatakan tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Namun, ini merupakan permasalahan pertama dari sejumlah proses naturalisasi pemain Indonesia, terutama dari Belanda. Beberapa pemain asal Belanda pernah dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia, seperti Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, Stefano Lilipaly, dan Diego Michiels.

Keputusan FIFA terkait masalah Ezra Walian juga dipengaruhi adanya respons dari Federasi Sepak Bola Belanda yang tegas menyatakan sang pemain pernah memperkuat Timnas Belanda U-17. 

Padahal, untuk permasalahan seperti yang dialami Ezra Walian, nama seperti Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly juga tak mengalami kendala apa pun saat menjalani proses naturalisasi. Meski, Raphael dan Stefano sudah pernah memperkuat Timnas Belanda junior.

Raphael Maitimo pernah bermain di Timnas Belanda U-15 hingga U-17 dan berada di tim yang sama dengan Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneidjder, dan Nigel de Jong, namun naturalisasi kedua pemain tersebut untuk memperkuat Timnas Indonesia tak menyebabkan kendala. Hal ini yang akan menjadi satu pertimbangan PSSI untuk melakukan challenge.

"Memang benar, dan itu yang sedang kami upayakan untuk challenge. Saat ini PSSI menghormati keputusan FIFA terkait Ezra Walian, tapi kami tidak tinggal diam. Kami mengumpulkan bukti dan dokumen terkait hal serupa yang sudah pernah terjadi," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, kepada Bola.com saat dihubungi pada Jumat siang (22/3/2019).

"Untuk saat ini kami menghormati keputusan dari FIFA dan tim akan tetap fokus bermain di kualifikasi Piala AFC U-23. Kami akan tetap berkomunikasi dengan FIFA karena kami ingin Ezra Walian tetap bisa memperkuat Timnas Indonesia ke depannya, terutama ketika sudah di Timnas Indonesia senior," lanjut Ratu Tisha.

Ezra Walian saat ini sudah berada di Hanoi, Vietnam. Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga pertama kualifikasi Piala AFC U-23 2020 menghadapi Thailand pada Jumat sore (22/3/2019). Keputusan pelatih Tim Garuda Muda, Indra Sjafri, untuk membawa 24 pemain ke Hanoi pun menjadi tepat karena pemain pengganti bisa langsung disiapkan.

Video Populer

Foto Populer