Sukses


Sekjen PSSI Buka Penyebab Kegagalan Ezra Walian Memperkuat Timnas Indonesia U-23

Bola.com, Jakarta - Meski terlambat, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mencoba menjelaskan duduk perkara perihal Ezra Walian yang tak diizinkan FIFA untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dan kemungkinan pada ajang lainnya. Ada dua hal yang dipersoalkan FIFA kepada Ezra, dan sang pemain gagal memenuhinya.

"Pada Rabu (20/3/2019), dua hari sebelum pertandingan pertama di Kualifikasi Piala AFC U-23, PSSI menerima surat dari KNVB (Asosiasi Sepak Bola Belanda, red) yang menyatakan Ezra pernah main di kompetisi resmi usia 17 tahun. Persyaratan FIFA, jika pemain sudah pernah main di kompetisi resmi usia 17 tahun dan yang bersangkutan belum pernah bermain di kompetisi dan tinggal minimal dua tahun di Indonesia, tidak bisa main di turnamen selanjutnya," ujar Tisha.

"Oleh karena itu, PSSI harus menghormati aturan FIFA yang ada. Waktunya sudah mepet untuk kami bisa appeal, berlanjut, dan itu sudah kami konsultasikan dengan tim kepelatihan. Paling penting adalah itu ,dan tidak ada masalah karena Timnas Indonesia U-23) membawa 24 pemain," lanjutnya.

"Selanjutnya, PSSI sedang mencari cara secara football goverment dan football law melalui bantuan beberapa bantuan hukum, Kementerian Hukum di area football goverment untuk bisa kami appeal ke FIFA atau cara lain. Apakah Ezra harus bermukin di Indonesia beberapa tahun atau lain sebagainya," kata Tisha.

Status Ezra Walian diperdebatkan saat sang pemain bahkan telah membela Timnas Indonesia ketika beruji coba melawan Myanmar pada Maret 2017, dan di tahun yang sama pula, jebolan Jong Ajax itu memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games Malaysia.

"Ezra memperkuat Timnas Indonesia bukan di bawah FIFA dan AFC, tapi di SEA Games ,dan kami akan lampirkan additional apa yang mesti dilengkapi ke FIFA agar bisa diproses lebih lanjut," tutur Tisha.

Tisha sedang mencari cara agar Ezra Walian dapat tampil untuk Timnas Indonesia, baik di level usia maupun senior, tanpa harus bermukim selama dua tahun atau berkompetisi di Tanah Air. 

"Kami akan upayakan berupa data dan testimoni serta lain-lainnya sebagai pelengkap dat,a ditambah lagi Ezra kan sudah main di SEA Games dan dia juga sudah main di kelompok umur. Kami lihat responsnya," ucapnya,

"Tetapi jika ada keputusan FIFA yang mesti ditaati, tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, ya kami hormati," imbuhnya.

Lantaran tersandung persoalan ini, Ezra Walian tak diizinkan FIFA berseragam Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 gagal tampil di putaran final pada tahun depan di Thailand.

Video Populer

Foto Populer