Sukses


Prediksi PSM vs Kaya-Iloilo FC: Optimistis di Pakansari

Bola.com, Bogor - PSM Makassar percaya diri bakal meraih hasil maksimal saat menjamu Kaya-Iloilo (Filipina) pada laga ketiga Grup H Piala AFC di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/4/2019).

Pelatih PSM, Darije Kalezic, merasa optimistis karena skuatnya sangat antuasias menatap laga ini.

"Senang rasanya kembali bermain di Stadion Pakansari. Pada laga kandang pertama, kami mencetak tujuh gol ke gawang Lao Toyota. Tentu kami ingin kembali melakukannya saat menghadapi Kaya FC," tegas Darije.

Pelatih muda berusia 49 tahun itu lebih optimistis karena PSM kembali diperkuat Rizky Pellu dan Rahmat yang absen saat menekuk Lao 7-3 karena memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

"Intinya, kami ingin menjaga trend positif di Pakansari. Kemenangan atas Kaya tidak hanya membuat langkah kami lebih ringan menghadapi pertandingan selanjutnya," kata Darije.

Kehadiran Rahmat dan Pellu membuat formasi starter PSM mengalami perubahan. Bayu Gatra, Guy Junior dan Zulham Zamrun harus bersaing jadi starter di sektor sayap mengingat satu tempat menjadi milik Rahmat. Sektor sayap menjadi andalan PSM untuk menyuplai bola ke ujung tombak yang ditempati Eero Markkanen.

Sementara itu, kehadiran Pellu membuat M. Arfan dan Rasyid Bakri harus duduk dulu bangku cadangan, mengingat dua dari tiga jatah di tengah sudah diisi oleh duet Belanda, Marc Klok dan Wiljan Pluim.

Meski begitu optimistis menatap laga ini, Darije mengakui Kaya memiliki potensi membuat kejutan bila PSM terlena. Menurut Darije, Kaya kerap memperagakan permainan pendek dan tertata.

Kaya-Iloilo pun memiliki serangan balik yang cepat dan mengandalkan ketajaman strikernya, Darryl Roberts, yang dinilai jeli memanfaatkan peluang. Cara bermain Kaya ini bisa saja menyulitkan lini belakang yang sedikit bermasalah dengan serangan balik lawan.

Bek PSM, Abdul Rahman mengakui kelemahan ini. Itulah mengapa dirinya intens memperlancar komunikasi dengan duetnya di lini belakang, Aaron Evans. "Bagi kami, komunikasi itu penting. Kami sudah melakukannya pada masa persiapan. Semoga hasilnya lebih baik," kata Rahman.

 

2 dari 3 halaman

Kaya-Iloilo Bidik Poin di Pakansari

Sementara itu, pelatih Kaya-Iloilo, Noel Marcaida, mengungkapkan skuatnya datanng dengan misi membidik minimal satu poin di Stadion Pakansari. Strategi utamanya adalah berusaha agar gawang tidak kebobolan dan mencetak gol tandang.

"Layaknya tim tamu, ini adalah jalan terbaik," tegas Marcaida.

Marcaida mengakui PSM memiliki sejumlah pemain dengan postur tinggi selain kuat dari sisi teknik. "Keunggulan ini jadi pembeda di PSM. Selama 20 hari persiapan, saya terus mengasah kemampuan pemain untuk mengantisipasi kelebihan PSM ini," kata Marcaida.

Pernyataan Marcaida ini ditujukan kepada Marrkanen, Pluim, Rahman, dan Pellu yang dikenal piawai memanfaatkan bola-bola atas dalam situasi set-piece.

Selain itu, Marcaida menegaskan para pemainnya sangat antusias menatap pertandingan ini secara psikologis.

"Semua pemain memahami kemenangan atas PSM di Stadion Pakansari bakal memudahkan langkah kami ke babak selanjutnya," tegas Marcaida.

Hal senada dikatakan pemain Kaya-Iloilo, Marwin Angeles yang merasa sudah mengetahui cara mengantisipasi permainan PSM.

"Secara teknis dan fisik kami sangat siap mewujudkan target poin di Pakansari," tegas Marwin.

Seperti halnya PSM, Kaya FC juga lebih fokus ke Piala AFC. Apalagi Liga Filipina juga belum berputar. "Sejauh ini kami baru bertanding pada tiga laga resmi, " papar Marwin.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Abdul Rahman, Aaron Evans, Taufik Hidayat (belakang); Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Marc Klok (tengah); Zulham Zamrun, Eero Markkanen, Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Kaya-Iloilo (4-4-2): Casas Louie Michael Roble (kiper); Tyler Joseph Cunningham Matas, Masanari Omura, Jalsor Baquero Soriano, Camelo Perez Tacusalme (belakang); Marwin Janver Malinay Angeles, Alfred Kofi Osei, Connor Reece Escoto Tacagni, Jovin Hervas Bedic (tengah); Darryl Bevon Roberts, Jordan Mintah (depan)

Pelatih: Noel Marcaida

APSSI Usulkan Pra-Musim Selama 2 Bulan Sebelum Liga Indonesia Kembali Bergulir

Video Populer

Foto Populer