Sukses


Status Tim Musafir Membuat PSM Tak Maksimal di Piala AFC 2019

Bola.com, Bogor - Tuah Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, belum maksimal bagi PSM Makassar. Ketika menjamu wakil Filipina, Kaya-Iloilo, pada partai ketiga Grup H Piala AFC 2019, Selasa (2/4/2019), tim berjulukan Pasukan Ramang hanya meraih hasil imbang 1-1.

Padahal, pada partai kedua Grup H, masih di stadion yang sama, 13 Maret lalu, PSM Makassar berhasil berpesta gol ke gawang Lao Toyota FC (Laos) dengan skor 7-3.

Pakansari bukanlah kandang asli PSM. Pasukan Ramang sebenarnya bermarkas di Stadion Mattoangin, Makassar. Hanya, venue tersebut tidak lolos verifikasi untuk menghelat hajatan internasional.

Gelandang sayap PSM, Rahmat, mengakui status tim musafir membuat PSM kesulitan memanfaatkan partai kandang. Pasalnya, dukungan suporter yang hadir di Pakansari jauh lebih sedikit dibanding di Mattoangin.

"Sangat memengaruhi sekali ya bermain jauh dari Makassar. Terutama masalah suporter. Beda sekali atmosfernya. Sangat berbeda di Makassar sama di sini (Bogor)," ujar Rahmat.

Saat menjamu Kaya-Iloilo, kemenangan di depan mata PSM terenggut. Sudah unggul sejak menit ke-55 via penalti Eero Markkanen, Pasukan Ramang lengah dan kebobolan di menit ke-90+4 lewat gelandang Kaya-Iloilo, Marwin Angeles.

"Saya rasa selama 90 menit kami bermain bagus dan fokus. Tapi mungkin ya, di menit-menit terakhir kami kehilangan konsentrasi sedikit saja. Jadi kecolongan gol balasan," imbuh pemain berusia 30 tahun itu.

Setelah pertemuan di Pakansari, giliran PSM Makassar yang akan dijamu Kaya-Iloilo pada matchday keempat Grup H. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, pada 17 April 2019.

"Paling tidak, nanti kami sudah tahu kekuatan mereka dan kami akan melakukan evaluasi. kami akan perbaiki kekurangan yang ada di kami untuk pertandingan selanjutnya," tutur Rahmat.

Video Populer

Foto Populer