Sukses


Piala Presiden 2019: Gol Tunggal Manu Jalilov Bawa Persebaya Bungkam Madura United

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berhasil membawa modal berharga ketika mengarungi leg pertama babak semifinal Piala Presiden 2019. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (3/2/2019), tim berjulukan Bajul Ijo itu meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0.

Pertandingan berjalan alot pada menit-menit awal pertandingan. Kedua tim bermain terbuka. Baik Persebaya Surabaya maupun Madura United saling berbalas serangan.

Madura United punya peluang pada menit ke-22. Sayang, sepakan mendatar Alberto Goncalves masih pelan dan dapat ditangkap dengan mudah oleh kiper Persebaya, Miswar Saputra.

Semenit kemudian, Persebaya membalas. Tapi, Irfan Jaya yang telah berdiri bebas di dalam kotak penalti membuang kesempatan. Sepakannya mampu ditepis oleh penjaga gawang Madura United, Muhammad Ridwan.

Percobaan Amido Balde di menit ke-39 gagal. Tendangan keras dari penyerang Persebaya dari luar kotak penalti itu masih melebar dari gawang Ridwan. Hingga babak pertama selesai, belum ada gol yang berhasil diciptakan kedua kesebelasan.

Memasuki babak kedua, Persebaya langsung mengurung pertahanan Madura United. Gol yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pada menit ke-64, umpan crossing Balde berhasil disundul Manuchehcr Jalilov untuk menggetarkan gawang Madura United.

Usai kebobolan, Madura United tidak tinggal diam. Andik Vermansah yang masuk di paruh kedua melancarkan tendangan lob ke gawang Persebaya di menit ke-69. Sayang, sepakan dari luar kotak penaltinya masih menyamping dari gawang Miswar.

Pertarungan semakin berjalan panas setelah pelatih Madura United, Dejan Antonic diusir oleh wasit Agus Fauzan Arifin. Arsitek asal Serbia itu memprotes keputusan Agus yang tidak menganggap handball Osvaldo Haay sebagai pelanggaran.

Ketika sedang berusaha menyamakan kedudukan, Madura United terpaksa bermain dengan sepuluh orang. Sebab, Asep Berlian dihadiahi kartu kuning kedua setelah mendorong Oktafianus Fernando di menit ke-86.

Persebaya semakin di atas angin. Satu menit setelah kartu merah Asep Berlian, tim berjulukan Bajul Ijo itu punya peluang lewat sepakan melengkung Misbakus Solikhin pada menit ke-87 yang mengarah ke tiang jauh Madura United. Sayang, tendangan tersebut masih dapat ditepis Ridwan.

Hingga wasit Agus Fauzan meniup peluit panjang, skor tidak berubah. Persebaya Surabaya bermodalkan keunggulan 1-0 untuk menantang Madura United pada leg kedua babak semifinal Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, pada Sabtu (6/4/2019).

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (k); M. Syaifuddin, Hansamu Yama, Otavio Dutra, Novan Sasongko (b); Alwi Slamat, Misbakus Solikhin, Damian Lizio (t); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (d)

Pelatih: Djajang Nurdjaman

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridwan (k); Marckho Meraudje, Jaimerson Silva, Fachrudin Aryanto, Andik Rendika Rama; Zulfiandi, Asep Berlian, Zah Rahan Krangar (t); David Laly, Aleksadar Rakic, Alberto Goncalves (d)

Pelatih: Dejan Antonic

Video Populer

Foto Populer