Sukses


Keseruan Londo Kampung Membaur dengan Bonek Nonton Persebaya

Bola.com, Surabaya - Derbi Suramadu antara Persebaya Surabaya melawan Madura United disaksikan sesosok suporter istimewa. Ada seorang bule memakai kaus dan syal Persebaya di tribune VIP Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (3/4/2019) sore.

Bule itu bernama Dave Jephcott, pria warga negara Australia. Namun, jangan dikira dia adalah wisatawan yang sedang berlibur ke Surabaya. Pria berusia 32 tahun yang akrab disapa Cak Dave itu memang sedang mbonek, istilah untuk mendukung Persebaya.

Cak Dave adalah seorang kreator video di youtube atau lebih umum disebut youtuber dengan akun “Londo Kampung”. Meski berpaspor Australia, dia sejak kecil tinggal di Surabaya.

Konten videonya mayoritas bertema prank atau mengerjai orang Surabaya dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Jawa dialek Suroboyoan. Saat ditemui Bola.com di tribune VIP, Cak Dave langsung merespons dengan bahasa Jawa.

Terlihat dia membaur dan akrab dengan Bonek, pendukung Persebaya Surabaya, yang sempat meminta foto bersama. Dia kemudian meladeni wawancara dengan Bola.com menggunakan bahasa Jawa dialek Suroboyoan.

“Saya ini sejak 1989 sudah tinggal di Surabaya, makanya lancar banget bahasa Jawa. Tapi, belum sekali pun saya mbonek. Beberapa kali banyak komentar yang meminta saya nonton Persebaya. Akhrinya baru sekarang bisa datang ke sini dan melihat suasana pertandingan Persebaya,” terang Cak Dave.

Sebelum pertandingan, Cak Dave sudah mengumumkan bakal hadir di laga Derbi Suramadu ini. Dia juga sempat mendokumentasikan momen berbelanja merchandise Persebaya Surabaya beberapa hari sebelum pertandingan di akun Youtube dan Instagram miliknya.

Cak Dave mengaku tidak terlalu menggemari sepak bola. Tapi, dia juga heran mengapa sejak dulu tidak berusaha mencari tahu tentang Persebaya. Padahal, arek Suroboyo selama ini juga identik dengan Bonek.

“Saya tidak terlalu kenal nama pemain Persebaya Surabaya. Saya cuma tahu satu pemain, namanya Dutra. Dulu saya sempat jadi guru bahasa Inggris. Nah, anaknya Dutra itu pernah jadi murid saya,” imbuh Cak Dave.

 

 

2 dari 2 halaman

Ingin Ajak Keluarga Nonton Persebaya

Pemain yang dimaksud oleh Cak Dave adalah Otavio Dutra, pemain naturalisasi asal Brasil. Dutra memang memiliki seorang putri bernama Luana yang kini bersekolah di International School Ciputra.

Ketika ditanya nama-nama pemain Persebaya lainnya, Cak Dave tidak bisa menjawabnya. Dia mengaku tidak pernah mengikuti perkembangan klub berjulukan Bajul Ijo itu. Tapi, jangan tanya soal kemampuannya berbahasa Jawa dialek Suroboyoan.

“Waduh, sepurane aku pancene gak apal jeneng-jeneng pemaine (Saya minta maaf memang tidak hafal nama-nama pemainnya). Tapi, kalau mau bahasa Jawa sama saya, ayo. Ini tadi banyak yang langsung kenal saya dan ngomong bahasa Jawa,” imbuh pria asal Melbourne itu.

Menurut Cak Dave, sepak bola termasuk olahraga yang tidak terlalu digemari masyarakat Australia. Selama beberapa tahun tinggal di Australia, dia sempat memiliki hobi bermain futsal dengan teman-temannya.

“Saya bingung kalau menyebut sebagai penggemar sepak bola. Saya ini dulu sering main futsal juga. Saya juga suka Liverpool (klub asal Inggris). Tapi, sepak bola Indonesia belum terlalu paham,” kata Cak Dave.

Setelah kunjungan pertamanya dalam rangka mbonek ini, Cak Dave berencana mengajak keluarganya. Orang tuanya tinggal di kawasan Dukuh Kupang, Surabaya. Lalu, ada sang kakak bernama Nathan tinggal di Australia.

“Sebelum berangkat saya sempat bilang kepada cacak (kakak) saya, Nathan. Dia juga menyesal tidak bisa ikut. Nanti, saya harus mengajak keluarga saya ke sini supaya tahu rasanya mbonek,” tutupnya.

Dalam kunjungannya ini, Cak Dave datang bersama krunya untuk membuat konten video di youtube. Dia akan segera mengunggah video mengenai pengalamannya mbonek itu di kanal “Londo Kampung”.

Video Populer

Foto Populer