Sukses


Amido dan Misteri Huruf FB di Jersey Persebaya

Bola.com, Surabaya - Striker Persebaya, Amido Balde, memilih nama menarik untuk dicantumkannya dalam jersey Persebaya yang dipakainya. Tertulis “Amido FB” dalam namanya di atas nomor punggung.

Sesuai data, nama lengkapnya adalah Amido Balde, tanpa embel-embel lain. Pemain asal Guinea-Bissau itu juga menjelaskan di negara asalnya berbeda dengan Brasil dan Portugal yang sama-sama berkultur Portugis.

"Saya paham dengan pertanyaan soal nama. Biasanya, negara bersama Portugis punya nama-nama yang panjang seperti orang Brasil dan Portugal. Tapi, dua kata merupakan hal yang umum di Guinea-Bissau. Nama lengkap saya memang hanya Amido Balde," kata striker berusia 27 tahun itu.

Pertanyaan kemudian mengemuka terkait kata 'FB' yang mengikuti nama depannya, yaitu 'Amido'. Huruf 'B' sudah jelas menunjukkan nama belakangnya, yaitu 'Balde'. Lantas, dari mana dia mendapatkan huruf 'F'?

"Itu nama istri saya, Fernanda. Sengaja saya cantumkan nama dia, meski terlihat rahasia di nama punggung saya. Jadi, anggap saja nama saya adalah Amido Fernanda Balde," ucap Amido kepada Bola.com.

Mantan striker Celtic itu menerangkan ini merupakan kali pertama memilih nama 'Amido FB' di bagian punggung jersey. Dia hanya mencamtukan 'Amido' atau 'Balde' saat bergabung dengan klub-klub yang pernah dibelanya.

"Saya merasa istri saya juga punya peran penting buat karier saya. Saya ingin dia ada dalam setiap perjuangan saya di lapangan. Makanya, saya cantumkan huruf 'F' meski maknanya tersirat. Sebenarnya, sederhana saja," jelas Amido.

Fernanda terbukti telah memberikan semangat kepada Amido lewat satu huruf itu. Amido kini telah mencatatkan 14 gol dalam 11 penampilan. Hanya, belakangan ini pemain yang juga berpaspor Portugal itu dalam sorotan Bonek, suporter Persebaya, akibat perilaku buruk di lapangan.

Video Populer

Foto Populer