Sukses


Klasemen Grup G Piala AFC 2019: Persija Tersingkir, Ceres-Negros Raih Tiket Fase Gugur

Bola.com, Jakarta - Dua laga pertandingan Grup G Piala AFC 2019 yang berlangsung pada Rabu (1/5/2019) menjadi penentu nasib yang berbeda bagi dua tim berbeda. Ceres-Negros meraih kemenangan telak atas Shan United dan memastikan tiket ke semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2019. Sedangkan Persija Jakarta kalah dari Becamex Binh Duong dan dipastikan tersingkir dari kompetisi kasta kedua sepak bola Asia itu.

Ceres-Negros yang belum terkalahkan dalam empat laga yang mereka jalani, datang ke Myanmar dengan penuh percaya diri menghadapi Shan United. Klub Filipina itu pun memperpanjang tren positif dengan meraih kemenangan sempurna.

Bienvenido Maranon, yang dua kali menjadi mimpi buruk Persija, kembali memperlihatkan naluri tajam dalam mencetak gol. Tak tanggung-tanggung pemain asal Spanyol itu mencetak hattrick yang membawa Ceres-Negros unggul 3-0 dengan gol yang dicetaknya masing-masing pada menit ke-38, 43', dan 71'.

Dua gol tambahan Ceres-Negros tercipta pada 10 menit terakhir pertandingan. Carlos de Murga menambah keunggulan tim Filipina itu pada menit ke-80, hingga akhirnya Jose Elmer Porteria melengkapi kemenangan Ceres-Negros menjadi 5-0 lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-85.

Kemenangan tersebut memastikan Ceres-Negros melangkah ke semifinal zonal ASEAN Piala AFC 2019 dengan meraih 15 poin sempurna dari lima pertandingan yang sudah dijalaninya. Meski masih menyisakan satu laga kontra Becamex Binh Duong pada 15 Mei, klub Filipina itu memang tidak terbendung untuk lolos ke fase selanjutnya dari Piala AFC 2019.

Bertolak belakang dengan Ceres-Negros yang memastikan diri lolos ke fase berikutnya meski masih memiliki satu pertandingan tersisa, Persija Jakarta justru harus memastikan diri tersingkir dari Piala AFC 2019 meski juga masih menyisakan satu laga tersisa.

Persija Jakarta yang harus meraih kemenangan untuk membuka asa lolos sebagai runner-up terbaik justru harus angkat koper lebih cepat dari kompetisi tersebut. Becamex Binh Duong yang juga mengincar posisi runner-up terbaik tak membuang peluang untuk menang di laga kandang.

Klub Vietnam itu berhasil unggul tiga gol lebih dulu, masing-masing lewat gol yang dicetak Nguyen Anh Duc pada menit ke-38, To Van Vu pada menit ke-45+2, dan Wander Luiz pada menit ke-51. Sebuah gol balasan dari Bruno Matos pada menit ke-71, tak mampu menyelamatkan Persija.

Kekalahan tersebut membuat Persija tetap hanya memiliki empat poin dari lima laga yang sudah dimainkan di Grup G Piala AFC 2019. Menang besar atas Shan United di laga terakhir yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada 15 Mei pun tak akan berarti apa-apa bagi Macan Kemayoran.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta Grup G Piala AFC 2019

Hasil pertandingan

Shan United 0-5 Ceres Negros

(Maranon 38', 42'-pen, 71', De Murga 80', Porteria 85')

Becamex Binh Duong 3-1 Persija Jakarta

(Nguyen Anh Duc 38', To Van Vu 45'+2, Wander Luiz 51' | Bruno Matos 71')

Jadwal pertandingan selanjutnya

Ceres-Negros vs Becamex Binh Duong, 15 Mei 2019

Persija Jakarta vs Shan United, 15 Mei 2019

Klasemen sementara Grup G Piala AFC 2019

Klasemen Grup G Piala AFC 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Video Populer

Foto Populer