Sukses


5 Pemain Veteran yang Masih Eksis di Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Kompetisi adalah lahan untuk mencari rezeki, tak terkecuali bagi pemain veteran yang masih mencari peruntungan di Shopee Liga 1 2019. Usia mereka memang telah menua. Namun, mereka berusaha menjaga performa.

Mencari nafkah di sepak bola adalah niat yang berdampingan dengan menyalurkan hobi di lapangan hijau. Karena itu pula, berpikir untuk gantung sepatu pun masih sekadar wacana.

Satu di antara pemain veteran menyerah pada musim lalu, yakni Firman Utina. Mantan gelandang serang Timnas Indonesia, yang memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Kini, Firman didapuk sebagai Direktur Akademi Kalteng Putra.

Di sisi lain, beberapa pemain senior masih akan berjibaku pada kompetisi musim ini. Adanya persaingan dengan pemain yang lebih muda, juga kumpulan pemain asing berkualitas, tidak menyurutkan tekad mereka untuk tetap bermain. Apalagi, banyak yang mengandalkan pemasukan dari sepak bola. 

Liga 1 2019 segera bergulir. Partai PSS Sleman kontra Arema FC bakal menjadi pertandingan pembuka. Bentrok kedua kesebelasan bakal diadakan di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Rabu (15/5/2019).

Deretan pemain senior juga bakal menghiasi panggung liga kasta tertinggi Indonesia yang akan berlangsung 34 pekan hingga 22 Desember 2019. 

Bola.com merangkum lima pemain veteran yang masih eksis di Shopee Liga 1 2019. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Herman Dzumafo (39 Tahun)

Herman Dzumafo masih belum habis. Bersama Bhayangkara FC pada Liga 1 musim lalu, penyerang kelahiran Kamerun ini mampu mengemas 11 gol dari 33 pertandingan.

Penampilan ciamiknya berhadiah kontrak baru dari Bhayangkara FC. Kendati usianya telah 39 tahun, Dzumafo masih kuat menari-nari di atas rumput hijau.

3 dari 6 halaman

Alberto Goncalves (38 Tahun)

Alberto Goncalves masih berambisi kendati usianya tak mampu dibohongi. Pada usia 38 tahun, penyerang berdarah Brasil ini memilih untuk bergabung dengan Madura United yang membentuk skuat bertabur bintang untuk Liga 1 2019.

Beto yang kini berpaspor Indonesia akan berusia 39 tahun pada 31 Desember 2019. Liga 1 musim ini bakal menjadi ujian bagi kariernya, apakah masih tetap produktif atau melempem tergerus usia.

Beto merupakan striker yang tokcer di depan gawang lawan. Saat memperkuat Sriwijaya FC pada dua musim lalu, Beto berhasil membukukan 33 gol dari 58 laga.

Kita nantikan saja kiprahnya di Madura United.

4 dari 6 halaman

I Made Wirawan (37 Tahun)

I Made Wirawan akan mengarungi tahun ketujuhnya bersama Persib Bandung. Memasuki usia ke-37, mantan kiper Persiba Balikpapan itu masih bersemangat jatuh bangun di depan gawang.

Made memang bukan lagi pilihan utama Persib. Penjaga gawang kelahiran Gianyar, Bali ini kalah bersaing dari Muhammad Natshir. Pemain yang akan berusia 38 tahun pada 1 Desember 2019 tersebut hanya mencatatkan delapan penampilan pada musim lalu.

5 dari 6 halaman

Ismed Sofyan (39 Tahun)

Entah mau sampai kapan Ismed Sofyan menggiring bola. Pada usianya yang ke-39 tahun, bek Persija Jakarta itu masih terus mengejar pemain lawan di sisi sayap.

Untuk kesekian kalinya, Ismed masih berstatus bek sayap kanan proritas Persija. Perannya tak tergantikan di tim ibu kota. Buktinya, pemain asal Aceh ini berhasil mengoleksi 25 laga sepanjang Liga 1 2018.

6 dari 6 halaman

Bambang Pamungkas (38 Tahun)

Bambang Pamungkas belum mau pensiun dari dunia sepak bola. Diyakini akan gantung sepatu seusai membawa Persija Jakarta juara Liga 1 pada musim lalu, penyerang berkharismatik ini malah memperpanjang kontraknya bersama tim ibu kota.

Namun, seiring bertambahnya usia, ketajaman Bambang perlahan mulai hilang. Pada musim lalu misalnya, pemain yang akrab dipanggil Bepe ini hanya membuat sebiji gol dari 13 penampilan.

Akan tetapi, sosok Bepe memiliki pengaruh cukup besar di skuat Macan Kemayoran. Ia merupakan pemain yang dikagumi oleh rekan setim dan tentu saja The Jakmania.

Video Populer

Foto Populer