Sukses


Kondisi Terkini Cedera Patah Tulang Hidung Otavio Dutra

Bola.com, Surabaya - Darah mengucur dari hidung Otavio Dutra saat bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (11/5/2019). Bek Persebaya itu mengalami benturan dan kena sikut pemain Persela Lamongan.

Dutra langsung meminta wasit menghentikan laga uji coba melawan Persela pada menit ke-32. Dia terlihat tak sanggup melanjutkan pertandingan bertajuk Jogo Suroboyo Game itu. Setelah insiden tersebut, pemain berusia 35 tahun itu langsung terkapar dan tidak bisa berdiri normal lagi.

Dengan sigap, tim medis dan PMI masuk ke lapangan dan melakukan penanganan terhadap stoper jangkung itu. Hidungnya berkali-kali masih mengeluarkan darah, bahkan saat dia ditandu dan dibawa ke pinggir lapangan.

"Setelah pemeriksaan di lapangan, ada kecenderungan cedera tulang hidung. Hidungnya terlihat bengkok sewaktu tim medis datang. Lalu, kami konfirmasi ke rumah sakit dan dilakukan CT Scan, memang ada patang tulang hidung," kata Pratama Wicaksana Wijaya, dokter tim Persebaya, kepada Bola.com, Minggu (12/5/2019).

Butuh sekitar empat menit bagi tim medis untuk melakukan penanganan. Berdasar pengamatan Bola.com, hidungnya terlihat bengkok.

Tak lama, tim medis Persebaya memberi kode untuk menarik keluar Dutra. Pada menit ke-36, Amido Balde masuk menggantikannya.

Dutra kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Nasional, Surabaya, pasca penanganan di pinggir lapangan rampung. Saat ditandu, stoper asal Brasil itu terlihat memakai penyangga kepala dan darah sudah berhenti mengalir setelah bagian hidungnya dibalut.

"Penyangga kepala itu memang standar operasional dari PMI. Dokter dari PMI juga melaksanakan cukup bagus, memakai alat yang sesuai. Penyangga kepala itu dilakukan sebagai upaya preventif," imbuh dokter yang akrab disapa Tommy itu.

Sampai saat ini, tim medis Persebaya melakukan pemantauan terhadap pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi itu. Belum dipastikan berapa lama dia harus absen dan menjalani proses penyembuhan.

"Dalam olahraga, cedera ini termasuk yang sering dialami. Sekarang Dutra masih di rumah sakit dan dia harus opname. Hari dilakukan upaya mengembalikan bentuk hidungnya," ucap dokter lulusan Universitas Brawijaya tersebut.

Jika membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh, insiden ini tentu sangat merugikan Persebaya. Sebab, Dutra merupakan stoper andalan dan kini Bajul Ijo sedang mematangkan persiapan menatap Shopee Liga 1 2019 yang dimulai pada Rabu (15/5/2019).

Video Populer

Foto Populer