Sukses


Kapten Arema Makin Serius Menjadi Youtuber

Bola.com, Jakarta - Kapten Arema FC, Hamka Hamzah punya profesi baru untuk mengisi waktu senggang. Dia serius menjadi Youtuber.

Hamka semakin rajin mengunggah video yang berisi aktivitas sehari-hari, hingga wawancara rekannya di Arema. Channel Youtube pemain asal Makassar itu adalah Hamka Story 23.

Tak hanya itu, dia juga baru saja memberi sebuah kamera seharga belasan juta rupiah untuk membuat video dengan kualitas gambar yang lebih bagus.

“Saya punya tujuan ingin berbagi pengalaman dan keseharian saya. Termasuk seperti apa kebiasaan sebelum main dan sebagainya. Tapi ini tidak menganggu waktu saya untuk latihan dan fokus pertandingan. Saya melakukannya saat libur,” kata pemain 35 tahun ini.

Hamka juga tidak memungkiri ingin mendapat penghasilan tambahan dari Youtube. Jika subscriber-nya sudah banyak, bakal ada iklan dan pemasukan lain dengan sendirinya.

Namun, materi bukan tujuan utama mantan bek Timnas Indonesia tersebut. Dia sudah telanjur senang beraksi di depan kamera.

Ternyata, sambutan dari fansnya juga luar biasa. Baru tiga minggu dia rutin upload video, sudah ada 31 ribu subscriber yang didapatkannya. Padahal, sebelum itu pengikutnya hanya 2 ribu saja.

Untuk konten, Hamka tidak ambil pusing dengan tema video yang akan dibuat. 

“Saya jarang buat video tentang pertandingan. Jadi aktifitas sehari-hari. Ya mengalir seperti rutinitas saya videonya,” kata pemain yang menjadi bek tesubur Arema FC pada musim 2015-2016.

2 dari 3 halaman

Rutin Membuat Konten

Hamka mengakui baru beberapa minggu serius dengan Youtube. Padahal, dia sudah membuat channel itu saat bermain di Sriwijaya FC tahun 2018.

“Dulu saya tidak bisa mengedit video. Jadi dari handphone langsung saya posting saja. Kendala itu yang membuat dulu tidak sering posting video. Tapi sekarang sudah ada teman yang bantu edit. Jadi bisa rutin,” jelasnya.

Bagi Hamka, jadi pesepak bola lebih mudah ketimbang Youtuber. Contohnya saja, saat memilih kamera dia sempat kebingungan.

Pemain yang akrab dengan nomor punggung 23 ini meminta referensi dari rekan fotografer sebelum membeli kamera untuk merekam video kesehariannya.

“Saya bingung mau pilih kamera yang mana. Jadi minta saran dari teman fotografer. Selanjutnya saya juga lebih senang jika ada pemain lain yang membuat channel Youtube seperti ini. Terutama isinya juga membagi pengalaman sebagai pesepak bola,” tegas mantan kapten Timnas Indonesia ini.

3 dari 3 halaman

Video: Cuplikan Duel Arema FC vs Persipura Jayapura

Video Populer

Foto Populer