Sukses


Rachmat Irianto Sudah Punya Firasat Cetak Gol Perdana untuk Persebaya

Bola.com, Surabaya - Rachmat Irianto mencetak gol perdana untuk Persebaya Surabaya saat berjumpa Tira Persikabo. Golnya lahir pada menit ke-45 dalam pertandingan pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (21/7/2019).

Pemain yang akrab disapa Rian itu pernah mencetak gol untuk Persebaya Surabaya dalam Homecoming Game menjamu PSIS Semarang pada 19 Maret 2017. Namun, duel itu bukan pertandingan resmi seperti Liga 1 2019.

Rian mengaku sudah terbayang bakal mencetak gol ke gawang Tira Persikabo sebelum pertandingan. Dia bahkan sempat bergurau dengan fisioterapis Persebaya, Samudra Angga, soal niatan mencetak gol itu.

"Sebelum pertandingan, pagi harinya, saya bercanda sama Samudra. Dia tanya, saya ingin cetak berapa gol. Saya jawab cukup satu saja. Tapi, sempat saya revisi, mungkin bisa juga dua. Ternyata, doa pertama saya yang dikabulkan,” kata Rian kepada Bola.com, Senin (22/7/2019).

"Saya sudah firasat memang akan mencetak gol. Tapi, tidak tahu juga lewat cara yang seperti apa. Alhamdulillah, diberi kesempatan dan bisa membantu Persebaya," imbuh pemain asli Surabaya tersebut.

Rian, yang dikenal sebagai stoper, mendapat tugas menempati posisi baru di laga ini. Dia berduet dengan Muhammad Hidayat, menempati posisi gelandang bertahan Persebaya Surabaya. Tugasnya menghentikan sekaligus mendistribusikannya.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Striker

Gol perdana Rian ini bisa dibilang merupakan berkah posisi baru tersebut. Dia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, khas gol gelandang bertahan. Menariknya, Rian jarang melatih kemampuan melepas tembakan.

"Ya, semua tahu posisi asli saya ini stoper. Saya jarang sekali latihan shooting. Mungkin karena saya dulu pernah jadi striker. Jadi, jiwa menyerang kadang masih muncul," ungkap Rian sedikit bercanda sambil tertawa.

Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu memang pernah menjadi penyerang saat masih menimba ilmu di kompetisi internal Persebaya. Dia kemudian mulai berpindah menjadi stoper saat menjalani karier junior bersama klub asal Malaysia, Frenz United.

Namun, gol Rian itu tidak mampu membuat Persebaya memetik poin penuh. Tira Persikabo mampu membalasnya lewat Wawan Febrianto pada menit ke-64. Laga ini berakhir dengan kedudukan 1-1 memaksa kedua tim berbagi angka.

Video Populer

Foto Populer