Sukses


Menebak Formasi PSM Saat Meladeni Persija pada Final Piala Indonesia 2018

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar akan menjalani laga hidup mati menjamu Persija Jakarta pada leg kedua Piala Indonesia 2018 di Stadion Andi Mattalata, Mattoangin, Minggu (28/7/2019). Tim Juku Eja wajib memetik kemenangan dengan selisih dua gol untuk bisa menjadi juara.

Pada final pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), PSM harus menelan pil pahit karenakalah 0-1. Meski demikian, peluang klub asuhan Darije Kalezic untuk jadi juara belum tertutup.

Dengan agregat 0-1, PSM masih berpeluang menang dengan syarat harus mencetak dua gol dan tanpa kebobolan. Situasi tersebut sudah cukup mengantarkan PSM meraih gelar Piala Indonesia 2018. 

Skenario itu tentu tak sulit buat PSM yang bermain di depan pendukungnya. Apalagi selama Piala Indonesia 2018 mereka belum terkalahkan dalam laga kandang dan selalu bisa meraih kemenangan.

Sayangnya, PSM dalam laga nanti tak bisa diperkuat Marc Klok yang mendapatkan sanksi akumulasi kartu. Pelatih Darije Kalezic tentu harus memutar otak untuk menemukan formasi yang tepat.

Dengan misi wajib menang, Bola.com mencoba mengulik formasi yang akan digunakan oleh PSM ketika menghadapi Persija Jakarta. Diprediksi, PSM akan menggunakan skema 4-2-3-1 yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi 4-3-3.

Berikut ini prediksi formasi yang akan digunakan PSM Makassar pada final kedua Piala Indonesia melawan Persija Jakarta, selengkapnya.

2 dari 6 halaman

Rivky Mokodompit (Kiper)

Kiper PSM Makassar, Rivki Mokodompit. (Bola.com/Abdi Satria)

Pelatih Darije Kalezic diprediksi bakal kembali mengandalkan jasa Rivky Mokodompit di bawah mistar gawang PSM Makassar. Pemain berusia 30 tahun itu diyakini sudah pulih dari cedera punggung yang dialaminya.

Di pentas Liga 1 2019, Rivky berhasil mencatatkan empat kali clean sheet dalam laga yang dimainkannya. Adapun pada Piala Indonesia 2018 ini, Rivky baru kebobolan enam gol.

3 dari 6 halaman

Asnawi Bahar - Aaron Evans - Abdul Rahman - Beny Wahyudi (Belakang)

Bek PSM Makassar, Aaron Evans, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PSM diprediksi masih akan menggunakan skema bermain dengan empat bek. Di jantung pertahanan, Juku Eja akan mengandalkan duet Aaron Evans dan Abdul Rahman.

Memiliki postur tubuh yang tinggi membuat keduanya bakal berguna ketika menghalau bola-bola udara. Adapun di sektor kiri dan kanan lini pertahanan PSM akan diyakini akan dihuni Beny Wahyudi dan Ansawi Bahar.

Kedua pemain ini dikenal memiliki kecepatan. Hal tersebut tentu saja sangat berguna ketika membangun serangan dari belakang.

4 dari 6 halaman

Rizky Pellu - Rasyid Bakri - Wiljan Pluim (Tengah)

Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim, memprotes wasit saat melawan Becamex Binh Duong pada laga semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). PSM menang 2-1 atas Becamex Binh Duong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Absennya Marc Klok karena akumulasi kartu kuning tentu menjadi kerugian besar buat PSM. Namun, pelatih Darije Kalezic diyakini masih memiliki opsi lain untuk mengisi posisi Klok.

PSM kemungkinan besar sudah bisa diperkuat Wiljan Pluim. Pemain asal Belanda itu tentu bakal menjadi motor serangan.

Pluim bisa dibantu Rizky Pellu yang bertugas menjaga keseimbangan bersama Rasyid Bakri. Kedua pemain tersebut juga sesekali bisa diandalkan dalam membangun serangan dari lini tengah.

5 dari 6 halaman

M. Rachmat - Zulham Zamrun - Guy Junior (Depan)

Guy Junior dan Zulham Zamrun, merayakan gol PSM Makassar ke gawang Perseru Badak Lampung FC, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (24/5/2019). (Bola.com/Abdi Satria)

Guy Junior diyakini masih akan dipercaya menjadi ujung tombak PSM Makassar. Pelatih Darije Kalezic memilih Guy Junior karena memiliki kecepatan dan berani melakukan tusukan ke lini pertahanan lawan.

Pergerakan Guy Junior akan dibantu Muhammad Rachmat dan Zulham Zamrun. Rachmat akan membantu serangan dari sektor kiri, sedangkan Zamrun berada di sektor kanan.

Keduanya sama-sama memiliki kecepatan dan umpan silang mematikan. Situasi ini tentu bakal mempermudah pergerakan Guy Junior sebagai target man.

6 dari 6 halaman

Prakiraan Formasi PSM Makassar

Final Piala Indonesia: Formasi PSM Makassar. (Bola.com/Dody Iryawan)

Video Populer

Foto Populer