Sukses


5 Raja Passing hingga Pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 telah memainkan seluruh pertandingan pada pekan ke-13. Pertandingan-pertandingan tersebut berjalan menarik karena ada pemain yang mampu mencuri perhatian di lapangan dengan kepiawaian operan yang dilakukan.

Peran tersebut lumrahnya dilakukan seorang gelandang yang bisa menjangkau seluruh sisi lapangan. Gelandang adalah motor serangan sebuah tim karena menjadi jembatan antara lini belakang dan lini depan.

Posisi tersebut yang membuat seorang gelandang lebih sering berinteraksi dengan semua pemain. Seorang gelandang juga kerap menjadi inisiator serangan yang membuatnta terlihat lebih banyak menguasai bola dalam sebuah pertandingan.

Wajar bila sosok yang menjadi gelandang lebih banyak memiliki jumlah operan dalam sebuah pertandingan. Para gelandang juga memiliki peran penting untuk menjaga kedalaman dan keseimbangan skuat.

Namun, belakangan bukan hanya seorang gelandang yang menjadi inisiator serangan. Seorang pemain yang berperan sebagai bek sayap juga kerap menjadi awal alur serangan dalam sepak bola modern.

Lantas, siapa saja pemain yang memiliki jumlah operan tertinggi? Berikut ini 5 pemain dengan jumlah operan tertinggi sampai pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019 menurut situs Liga Indonesia:

2 dari 6 halaman

Yustinus Pae (Persipura Jayapura)

Di posisi kelima ada bek Persipura Jayapura, Yustinus Pae. Statistik mencatat, dalam 11 laga yang telah dimainkan di Shopee Liga 1 2019, pemain berusia 36 tahun itu melepaskan 415 operan.

Tingginya jumlah operan yang dimiliki Yustinus Pae tak terlepas dari posisi bek sayap yang dilakoninya. Posisi tersebut membuat Yustinus Pae kerap menjadi motor serangan dari sektor belakang dan memberikan umpan-umpan silang.

3 dari 6 halaman

Manahati Lestusen (Tira Persikabo)

Gelandang Tira Persikabo, Manahati Lestusen, berada di peringkat keempat pemain dengan jumlah passing tertinggi di Shopee Liga 1 2019. Manahati tercatat telah melakukan 425 passing dalam 13 laga yang dimainkannya musim ini.

Performa apik Manahati di lini tengah diyakini menjadi salah satu penampilan apik Tira Persikabo. Pemain berusia 25 tahun itu kerap menjadi inisiator permainan Laskar Padjadjaran baik ketika bertahan maupun menyerang.

4 dari 6 halaman

Zulfiandi (Madura United)

Sementara itu, nama gelandang Madura United, Zulfiandi, menempati peringkat ketiga pemain dengan jumlah passing tertinggi di Shopee Liga 1 2019. Zulfiandi mengemas 444 operan dalam 12 laga yang sudah dimainkannya.

Jumlah tersebut dikumpulkan Zulfiandi ketika dipasang sebagai gelandang sayap maupun gelandang bertahan. Peran yang membuatnya lebih banyak melakukan operan demi mengawali serangan Laskar Sape Kerap.

5 dari 6 halaman

Brwa Nouri (Bali United)

Gelandang Bali United, Brwa Nouri, menghuni peringkat kedua pemain dengan jumlah passing tertinggi di Shopee Liga 1 2019. Pemain asal Irak itu mencatatkan 501 operan dalam 11 laga yang dimainkannya.

Berperan sebagai gelandang sayap kanan, Brwa Nouri kerap menjadi motor serangan Bali United. Posisi tersebut yang membuatnya lebih sering melakukan operan panjang dan umpan silang ke lini depan.

6 dari 6 halaman

Evan Dimas (Barito Putera)

Predikat pemain dengan jumlah operan paling tinggi di Shopee Liga 1 2019 adalah Evan Dimas. Gelandang Barito Putera itu tercatat melakukan 560 operan dalam 13 laga yang sudah dimainkannya.

Evan Dimas bisa dimainkan di sektor kanan dan kiri. Pemain berusia 24 tahun itu juga menjadi nyawa permainan Barito Putera di lini tengah yang membuatnya lebih sering melepaskan operan ke seluruh penjuru lapangan.

Sumber: Liga Indonesia

Video Populer

Foto Populer