Sukses


Duel Antarlini PSM vs Persela: Jaminan Laga Sengit di Makassar

Bola.com, Makassar - Lini belakang PSM Makassar baru saja mencetak clean sheet saat menahan imbang tanpa gol Persija Jakarta pada laga tunda pekan ke-4 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Bagi Aaron Evans dan kawan-kawan, hasil ini memutus catatan minor selalu kebobolan pada lima laga sebelumnya. Masing-masing satu gol kontra Bali United (1/8/2019), dua gol ketika dijamu Borneo FC (10/8/2019), masing-masing satu gol dari Barito Putera (14/8/2019) dan Persib Bandung (18/8/2019) serta kebobolan tiga gol saat dijamu PSS Sleman (23/8/2019)

Menghadapi Persela Lamongan pada pekan ke-17 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (1/9/2019), Juku Eja tentu ingin menjaga catatan positif ini. Tentu tidak mudah karena sang tamu datang bersama top scorer sementara Liga 1 2019, Alex dos Santos yang sudah mengoleksi 15 gol musim ini.

Kecepatan dan kejelian Alex dalam memanfaatkan peluang bakal membuat duet Aaron Evans dan Abdul Rahman kerja keras untuk meredamnya.

Di lain pihak, Persela ingin menjaga momentum positif setelah menang telak atas 6-1 atas klub papan atas PS Tira Persikabo. Kemenangan ini bukan hanya menebalkan kepercayaan diri laskar Joko Tingkir tapi juga memutus catatan tidak pernah menang pada lima laga sebelumnya.

Ambisi kedua tim diatas bakal mewarnai partai PSM kontra Persela. Selain itu, duel ini juga dibumbui oleh target Juku Eja membalas kekalahan 2-3 musim lalu di tempat sama sekaligus menambah catatan kemenangan di markas sendiri musim ini.

Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar melawan Persela Lamongan versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Belakang

Duet Abdul Rahman-Aaron Evans di lini belakang PSM Makassar bakal kerja keras untuk meredam agresivitas Persela Lamongan yang mengandalkan top scorer sementara Liga 1 2019, Alex dos Santos.

Sementara dua bek sayap, Asnawi Mangkualam dan Beny Wahyudi harus lebih jeli dalam memutuskan saat yang pas untuk membantu serangan. Target harus menang membuat kedua bek sayap ini dituntut lebih aktif beroperasi di daerah pertahanan Persela.

Tapi, mereka wajib mewaspadai serangan balik Persela yang banyak mengandalkan serangan lewat sisi sayap.Sebaliknya, duet stoper Arif Satria-Evander Yarangga jadi sentral komando di lini belakang.

Keduanya dituntut ekstra hati-hati bila PSM bisa memainkan Amido Balde, eks striker Persebaya Surabaya. Umpan terukur ala Wiljan Pljuim plus gocekan M. Rahmat dari sisi sayap punya potensi jadi peluang yang bisa dimaksimalkan Balde.

3 dari 4 halaman

Tengah

Krisis lini tengah menghantui PSM Makassar saat menghadapi Persela. Dua starter dilini ini harus absen dengan alasan berbeda. Rizky Pellu memperkuat tim nasional senior pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Marc Klok absen karena akumulasi kartu.

Ironisnya, M. Arfan yang selama ini jadi pelapis juga harus menepi karena sanksi sama dengan Klok. Di lini ini memang ada trio Raphael Maitimo, Rasyid Bakri dan Wiljan Pluim yang bisa dimaksimalkan.

Masalahnya, Rasyid atau Pluim bakal beroperasi dari sisi sayap menyusul absennya Zulham Zamrun (akumulasi kartu) dan Bayu Gatra (cedera).

Mengantisipasi situasi ini, Darije kemungkinan memainkan Asnawi Mangkualam atau Hasim Kipuw di lini tengah. Kedua pemain yang belakangan jadi bek sayap ini sejatinya adalah gelandang.

Sementara, dengan mematok dua jangkar dan tiga pemain yang bergerak dinamis membuat lini tengah Persela sedikit lebih agresif dibandingkan PSM.

Trio Kei Hirose, Rafinha dan Delvin Rumbino bukan hanya penyeimbang tapi juga menjadi pengacau konsentrasi lini belakang lawan. Mereka sudah menunjukkan kapasitasnya saat Persela melibas PS Tira Persikabo 6-1.

4 dari 4 halaman

Depan

Kalau urusan administrasi Amido Balde di PSM Makassar selesai, maka eks striker Persebaya Surabaya ini bakal jadi ancaman buat lini belakang Persela.

Musim ini, gol Balde pertama kali tercipta ke gawang Persela. Gol Balde pada menit ke-65 jadi penentu kemenangan Persebaya saat itu.

Di PSM, kemampuan Balde bakal dimaksimalkan oleh pergerakan Wiljan Pluim dan M. Rahmat yang bergerk dari sisi sayap. Kalau pun tidak mencetak gol, Balde bisa berperan sebagai 'pemain tembok' di lini depan PSM.

Khusus di lini ini, Persela tidak kalah dari PSM berkat sosok Alex dos Santos. Striker asal Brasil ini belakangan jadi momok lini belakang lawan dengan torehan 15 golnya.

Ketajaman Alex dalam menjebol gawang lawan juga tak lepas dari pergerakan Rafinha dari lini kedua yang kerap membuat assist jitu buat Alex.

Video Populer

Foto Populer