Sukses


Madura United Bakal Pakai Gelora Delta dan Bangkalan di Putaran Kedua Shopee Liga 1

Bola.com, Bangkalan - Madura United berniat pindah kandang di putaran kedua Shopee Liga 1 2019. Penyebabnya, Stadion Gelora Madura, Pamekasan, bakal direnovasi dan memakan waktu sampai akhir musim ini.

"Stadion Gelora Madura (Pamekasan) akan direnovasi mulai 10 September 2019. Ada pembangunan sentelban dan mempercantik fungsi-fungsi stadion. Itu memerlukan waktu kurang lebih 4-6 bulan," kata Haruna Soemitro, Manajer Madura United.

Madura United bakal menggunakan Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, sebagai opsi selama putaran kedua. Penggunaan stadion ini tentu tidak asing karena sejak tiga musim lalu mereka punya dua stadion untuk menggelar laga kandang, yaitu Gelora Madura (dulu Ratu Pamelingan) dan Bangkalan.

Greg Nwokolo dkk. selama musim ini hanya menggunakan Gelora Madura sebagai kandang di Piala Indonesia 2018, Piala Presiden 2019, dan Liga 1 2019. Kepindahan ini terasa seperti pulang kembali ke rumah karena Gelora Bangkalan merupakan markas awal mereka saat terbentuk pada 2016.

Apalagi, skuat Madura United juga selalu menjalani latihan tim di Gelora Bangkalan, meski pertandingan digelar di Gelora Madura yang berjarak sekitar 70 km lebih. Mes pemain juga berada di Bangkalan yang hanya sekitar 2 km dari Gelora Bangkalan.

"Kami sudah mendaftarkan Stadion Gelora Bangkalan sebagai alternatif. Saat saya sampaikan keputusan pindah ke Bangkalan, pemain semuanya merasa senang," ucap Haruna.

"Selama ini mereka memang berlatih di sana, dan kami juga tidak perlu melakukan adaptasi kalau harus kembali bertanding di Bangkalan," imbuh manajer asal Surabaya itu.

2 dari 2 halaman

Pertimbangkan Stadion Gelora Delta

Di sisi lain, klub berjulukan Laskar Sape Kerrab itu juga mempertimbangkan penggunaan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Pertimbangan itu diambil mengingat mereka mendaftarkan stadion bersejarah itu sebagai markas dalam mendapatkan lisensi AFC.

"Kalau Bangkalan itu ada banyak kekurangan, kami bisa juga gunakan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kami punya dua pilihan. Stadion Gelora Delta itu kami siapkan sebagai simulasi jika menggelar laga AFC. Kami punya misi ingin menguji kesiapan stadion dan infrastruktur," ucap Haruna.

Gelora Delta juga menjadi alternatif lain untuk menggelar laga besar. Sebab, stadion ini mampu menampung hingga 30 ribu penonton. Sedangkan, Gelora Bangkalan hanya bisa dihuni oleh 15 ribu orang.

"Mungkin juga laga besar saat menjamu Persebaya (Surabaya) atau Persib (Bandung) kami pertimbangkan di Delta, karena kapasitas lebih besar. Kami memiliki dua laga kandang penting itu di putaran kedua nanti," ucap Haruna.

Selama putaran kedua Shopee Liga 1 2019, Madura United dijadwalkan menjamu tujuh tim dalam laga kandang.

Selain Persebaya Surabaya dan Persib Bandung, masih ada lima tim yang akan bertandang. Mereka adalah Barito Putera, Persela Lamongan, Tira Persikabo, Persipura Jayapura, dan Bhayangkara FC.

Video Populer

Foto Populer