Sukses


Menjamu Persela di Gelora Delta, Persipura Anggap Ujian Mental

Bola.com, Jakarta Persipura Jayapura bakal menjalani laga kandang rasa tandang di pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019. Pasalnya, mereka menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu sore (15/9/2019).

Keputusan pindah kandang ini diambil lantaran kandang Persipura Jayapura, Stadion Mandala, sedang direnovasi. Situasi ini membuat mereka bakal bertanding di tempat netral.

Seperti diketahui, jarak Lamongan-Sidoarjo hanya terpisah 60 km atau sekitar satu jam perjalanan. Suporter Persela sangat mungkin memenuhi stadion.

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, menanggap laga ini menjadi ujian mental untuk anak asuhnya.

"Kami sebenarnya berharap bisa bermain di Papua di depan pendukung kami. Tapi, kondisi seperti itu. Kami tidak bisa melihat buruknya, kami harus melihat sisi baik. Ini bisa menguji mental tim di luar kandang," kata Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu tak gentar, meski berpotensi minim dukungan. Sebenarnya, Persipura Jayapura tetap memiliki kemungkinan dihadiri suporter setia mengingat jumlah Persipuramania di Jawa Timur cukup banyak.

"Ini masih tetap di wiliayah Indonesia. Saya melihat aspek positif sebagai ujian mental kami. Begitu kami kembali ke kandang, kami akan kuat secara mental. Boleh dikatakan juga adaptasi menghadapi pertandingan tandang," ucap Jacksen.

"Saya tidak pernah melihat persoalan dari sisi buruk. Saya selalu mencoba melihat apa baiknya supaya bisa berkembang lebih baik. Bagaimana kami bisa menguji mental dan menjaga kepercayaan diri pemain," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Siap Main Kandang Rasa Tandang

Gelandang asing Persipura, Oh In-kyun, tak ingin menyerah begitu saja dengan situasi yang bakal dihadapi Mutiara Hitam. Dia akan tetap bertanding seperti biasa untuk mengamankan tiga poin.

"Kami siap berjuang maksimal untuk nama baik Persipura dan masyarakat Papua. Ini bukan baru pertama kami bermain di luar Papua. Tidak ada masalah buat kami. Kami siap untuk hadapi apa yang harus dilakukan," ujar pemain asal Korea Selatan itu.

Persipura sebelumnya memakai Stadion Aji Imbut, Tenggarong, saat menjamu Persija Jakarta, dalam partai tunda pada Rabu (11/9/2019). Hasilnya, tim Mutiara Hitam menang dua gol tanpa balas. Hal itu berarti, Persipura Jayapura tetap mampu tampil apik meski minim dukungan.

Video Populer

Foto Populer