Sukses


Pelatih Persebaya Merespons Upaya Bonek Masuk ke Kandang PSIS

Bola.com, Magelang - Duel antara PSIS Semarang kontra Persebaya Surabaya berakhir menyakitkan untuk tim tuan rumah di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (20/9/2019). Persebaya mampu menang 4-0 dalam laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 ini.

Peristiwa menarik terjadi di dalam stadion. Sebelumnya, Panpel PSIS telah memutuskan pertandingan kontra Persebaya Surabaya tersebut sebenarnya digelar dengan status tanpa penonton.

Suporter kedua tim tidak diperbolehkan masuk stadion. Namun, Bonek (suporter Persebaya) dan Panser Biru sekaligus Snex (suporter PSIS) mampu menjebol pintu masuk dan menduduki tribune timur pada awal babak pertama.

Asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro, menilai kejadian itu menunjukkan suporter kedua kubu sangat ingin mendukung langsung kesebelasan masing-masing. Tidak terjadi gesekan antarsuporter kedua kelompok suporter karena mereka dikenal memilki hubungan baik.

“Kejadian di lapangan pada babak pertama tidak hanya dilakukan Bonek, tapi Snex dan suporter PSIS Semarang lainnya juga ingin melihat tim kebanggaannya. Saya mewakili suara Bonek. Mereka memilki persaudaraan yang bagus,” ungkap Bejo.

“Saya jamin, Bonek di depan semua orang di Indonesia, seharusnya diterima dengan tangan terbuka. Jangan takut lagi menerima Bonek sebagai penonton di partai tandang. Kalau begitu (menolak kedatangan Bonek), dari sisi pendapatan pasti merugikan,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya berusia 42 tahun tersebut. 

 

 

2 dari 2 halaman

Militansi Bonek

Selama ini, Persebaya Surabaya sudah terbiasa mendapat dukungan langsung dari Bonek yang merupakan suporter fanatik mereka. Bejo sampai menyiapkan cara khusus agar Ruben Sanadi dkk. tetap menguasai mental bertanding tanpa penonton.

“Saya tekankan kepada anak-anak, ada atau tidak ada penonton konsentrasi tetap fokus di lapangan. Meski, kami perlu dukungan Bonek dan tanpa mereka pasti terpengaruh. Kunci Persebaya adalah militansi Bonek. Ternyata, di sini tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan,” ucap Bejo.

Duel ini sempat dihentikan sementara oleh wasit Ikhsan Prasetya Jati. Penyebabnya, suporter PSIS masuk ke area sentelban dan tiba puas melihat timnya kalah telak di kandang sendiri. Insiden itu terjadi pada menit setelah Osvaldo Haay mencetak gol keempat Persebaya pada menit ke-65.   

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer