Sukses


Sosok Menpora dari Masa ke Masa, Hanya Satu yang Berlatar Belakang Dunia Olahraga

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/10/2019). Zainudin Amali didapuk menjadi Menpora untuk masa bakti lima tahun ke depan.

Zainudin Amali merupakan kader Partai Golkar dan pernah menjabat Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Dia juga sempat menjadi anggota DPR RI selama empat periode dengan menempati berbagai komisi.

Saat masih menjadi anggota DPR RI, Zainudin Amali pernah mengurus aset-aset olahraga Indonesia yang dipakai sebagai venue Asian Games 2018 lalu. Tak hanya menggeluti dunia politik, Zainudin Amali adalah seorang pengusaha.

Melihat latar belakang Menpora saat ini, ia menambah dominasi politikus yang menduduki posisi tersebut. Sejak awal dibentuknya kementerian bidang olahraga, baru satu orang yang menduduki posisi Menpora dengan latar belakang dunia olahraga.

Ia merupakan mantan pemain sepak bola dan pernah menjabat ketua umum PSSI, yaitu Maladi. Bola.com merangkum latar belakang Menpora dari masa ke masa.

2 dari 13 halaman

1. Wikana

Presiden Soekarno menunjuk Wikana sebagai Menpora pertama, saat itu bernama Menteri Negara Urusan Pemuda Indonesia. Ia merupakan tokoh golongan muda yang terlibat dalam peristiwa Rengasdengklok.

Wikana menjabat posisi ini selama empat periode yakni dalam kabinet Syahrir II, Syahrir III, dan Kabinet Amir Syarifudin I selama dua periode.

 

3 dari 13 halaman

2. Supeno

Pergantian Perdana Menteri dari Amir Syarifudin ke Mohammad Hatta membuat posisi Wikana digantikan Supeno. Namun, tokoh pemuda saat pergerakan nasional itu hanya mengemban jabatan ini dalam satu tahun.

Ia ditemukan meninggal saat Agresi Militer I. Saat peristiwa itu terjadi ia masih menjabat posisi tersebut.

 

4 dari 13 halaman

3. Maladi

Menteri Pemuda ditiadakan pada kabinet RIS hingga Kabinet Kerja IV. Posisi ini muncul kembali pada kabinet Dwikora dengan nama Menteri Olahraga.

Maladi kemudian ditunjuk sebagai Menteri Olahraga dari Kabinet Dwikora I hingga Dwikora III. Ia pernah bermain sebagai penjaga gawang timnas Indonesia dan pernah menjabat Ketua Umum PSSI 1950-1959.

 

5 dari 13 halaman

4. Abdul Gafur

Posisi Menteri Olahraga ditiadakan pada masa kabinet Ampera I hingga Kabinet Pembangunan II. Pada kabinet Pembangunan III posisi ini muncul kembali dengan nama Menteri Muda Urusan Pemuda yang dijabat Abdul Gafur.

Nomenklatur berubah pada kabinet Pembangunan IV dengan nama Menteri Negara Pemuda dan Olahraga. Abdul Gafur merupakan politisi Golkar yang beristrikan tokoh wanita Indonesia, Kemala Motik.

 

6 dari 13 halaman

5. Akbar Tanjung

Politisi Golkar, Akbar Tanjung menjadi Menpora pada periode 1988-1993. Pada pernah menjabat Ketua DPR-RI 1999-2004.

 

7 dari 13 halaman

6. Hayono Isman

Hayono Isman menjadi Menpora dari 1993-1998. Ia merupakan politisi senior Indonesia.

Saat ini, ia merupakan politisi Partai Nasdem. Haryono Isman menjabat anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasional Demokrat.

 

8 dari 13 halaman

7. Agung Laksono

Agung Laksono menjabat Menpora dalam dua pemerintahan berbeda, yakni Soeharto dan BJ Habibie. Ia menjabat dari 1998 sampai 1999.

Ia merupakan politisi senior Golkar dan pernah menjabat Ketua DPR RI 2004-2009.

 

9 dari 13 halaman

8. Mahadi Sinambela

Mahadi Sinambela menduduki posisi Menpora pada kabinet Persatuan Pembangunan dari 1999-2000. Ia merupakan politisi Golkar dan sempat menjadi anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar pada 1994.

Mahadi Sinambela telah wafat pada 1 Maret 2019 di RSPAD Gatot Subroto. Ia terkena komplikasi penyakit usus buntu dan gagal ginjal.

 

10 dari 13 halaman

9. Adhyaksa Dault

Adhyaksa Dault menjadi Menpora pada kabinet Indonesia Bersatu I. Ia menjabat dari 2004 hingga 2009.

Ia merupakan tokoh yang tidak ikut partai politik. Adhyaksa Dault sempat menjadi Ketua Kwartir Nasional Pramuka periode 2013-2018.

 

11 dari 13 halaman

10. Andi Alfian Mallarangeng

Andi Alfian Mallarangeng menjabat Menpora pada Kabinet Indonesia II. Dia merupakan politisi Partai Demokrat yang menjabat dari 2009 hingga 2012.

Ia terpaksa mengundurkan diri dari jabatan ini karena tersangkut korupsi. Andi Mallarangeng menjadi tersangka kasus korupsi wisma atlet hambalang.

 

12 dari 13 halaman

11. Roy Suryo

Roy Suryo menjabat posisi Menpora pada 2013-2014. Ia merupakan tokoh politik partai Demokrat.

Sebelumnya, Roy Suryo identik sebagai pakar telematika.

 

13 dari 13 halaman

12. Imam Nahrawi

Imam Nahrawi menjadi Menpora pada 2014-2019. Ia merupakan politisi PKB.

Ia juga menginisiasi Liga Santri. Namun, Imam Nahrawi mengundurkan diri dari posisi tersebut setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi.

Video Populer

Foto Populer