Sukses


Rahasia Osvaldo Haay Bisa Cepat Pulih dari Cedera

Bola.com, Surabaya - Kembalinya pemain Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, dari cedera cukup memberi kejutan. Pasalnya, dia mengalami cedera lutut kiri dan diprediksi membutuhkan sekitar tiga bulan untuk bisa kembali normal berlatih.

Cedera meniscus dan ACL yang menderanya pertama kali diumumkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-22 pada 8 Oktober 2019. Namun, Osvaldo Haay kini sudah berlatih bersama Persebaya di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Minggu (27/10/2019).

“Sewaktu MRI, dibilangnya meniscus dan ACL dan saya perlu istirahat sampai tiga bulan. Tapi, saya sudah menjalani perawatan. Waktu pertama kali jalan memang bengkak di kaki kanan,” kata pemain berusia 22 tahun itu.

Selama latihan, Osvaldo juga bisa berlatih seperti sediakala. Dia mulai ikut dalam sesi latihan gim dan tidak terlihat seperti pemain yang baru sembuh cedera. Meski, tim medis Persebaya juga terus memantau aktivitasnya jika muncul keluhan sakit.

Rupanya, kesembuhan Osvaldo itu dilakukan karena ada satu upaya penyembuhan dengan tradisional di kampung halamannya, Tobati, Jayapura. Setelah mengalami cedera itu, Osvaldo langsung memutuskan pulang ke kota kelahirannya itu.

Selama sekitar dua pekan di sana, Osvaldo menjalani aktivitas di Pantai Hamadi, Jayapura. Sekilas, dia terlihat seperti seorang yang sedang berlibur. Pemain berdarah Papua-Jawa itu menceritakan kepada Bola.com bahwa aktivitasnya merupakan bagian upaya penyembuhan.

“Saya tidak tahu namanya apa. Saya menjalani penyembuhan secara tradisional, tapi bukan dipijat. Jadi, caranya di pantai pakai pasir dan daun-daun, pakai air laut juga. Kalau daun-daunan itu direbus terus ditempel,” tutur Osvaldo Haay.

“Dulu juga sempat seperti itu sewaktu saya cedera dan masih membela Persipura. Itu semacam terapi, saya jalani selama satu minggu lebih, hampir dua minggu malah, setiap pagi dan sore,” imbuh pemain bernomor punggung 20 itu.

 

2 dari 2 halaman

Bukan Sulap

Osvaldo Haay mengungkapkan bahwa itu merupakan cara masyarakat Papua dalam penyembuhan cedera atau sakit. Dia juga tidak didampingi oleh tim medis untuk melakukannya karena penyembuhan itu termasuk budaya masyarakat setempat.

“Tidak ada terapis, saya ditemani oleh keluarga setiap hari. Tidak ada juga baca-baca mantra, ini bukan sulap,” terang Osvaldo sambil tertawa.

Meski menggunakan cara yang tidak umum dilakukan, Osvaldo terbukti bisa sembuh. Kabar ini menjadi sinyal positif buat Persebaya yang sedang diterpa badai cedera dan kekurangan pemain.

Kebetulan, klub berjulukan Bajul Ijo itu bakal menjamu PSS Sleman dalam pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

“Saya sudah aman seratus persen siap main. Tetap tergantung pelatih apakah akan menurunkan saya. Kalau diminta, saya siap tampil,” kata Osvaldo percaya diri.

Video Populer

Foto Populer