Sukses


Presiden FIFA Beri Dukungan ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Bola.com, Bangkok - Keinginan negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara (ASEAN) untuk maju bersama dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 memasuki babak baru.

Pada Sabtu (2/11/2019) di Bangkok, Thailand, Presiden FIFA, Gianni Infantino, meneken nota kesepahaman (MoU) dengan negara-negara di ASEAN, sebagai bentuk dukungan terhadap niat ASEAN menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Hal itu disampaikan Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompunmuang.

"Di sela, KTT ASEAN yang sedang berlangsung, Presiden FIFA akan menandatangani sebuah MoU dengan negara-negara ASEAN, mendukung rencana mereka untuk maju bersama dalam bidding Piala Dunia," ujar Somyot, dilansir dari Bangkok Post.

Seperti sudah diketahui lima negara di ASEAN sepakat maju bersama untuk menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar di dunia garapan FIFA tersebut pada edisi 2034. Lima negara itu, yakni Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Thailand memimpin negara di ASEAN dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal tersebut disepakati dalam agenda ASEAN Ministerial Sports kelima di Manila (8/10/2019).

2 dari 2 halaman

Bertemu Presiden Joko Widodo

Selain lima negara ASEAN yang tergabung jadi satu, negara lain yang juga berminat dari tuan rumah Piala Dunia 2034 termasuk China, Mesir, Zimbabwe, Nigeria, dan gabungan Australia-Selandia Baru.

Di sisi lain, mulai Sabtu (2/11/2019) hingga Senin (4/11/2019), Bangkok menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-35.

Dalam kesempatan ini, Gianni Infantino juga diagendakan bertemu Presiden RI, Joko Widodo, di Bangkok.

Menpora Zainudin Amali mengungkap, ada dua hal utama yang kemungkinan akan jadi pembahasan Presiden Joko Widodo dengan Gianni Infantino.

"Yang pertama, ucapan selamat Presiden FIFA untuk Indonesia, serta yang kedua membicarakan pengembangan sepak bola Indonesia. Sepak bola kita yang menjadi kegemaran begitu banyak masyarakat, harus dikembangkan," ujar Zainudin kepada wartawan di sela Kongres Pemilihan PSSI, Sabtu (2/11/2019).

Sumber: Bangkok Post

Video Populer

Foto Populer