Sukses


Dari Pocong hingga Tuyul, Ini 8 Gaya Unik Suporter Indonesia Saat Dukung Tim Kebanggaan

Bola.com, Jakarta - Suporter merupakan satu di antara elemen penting yang tak bisa dipisahkan dari olahraga, terutama sepak bola. Kehadiran suporter sangat penting untuk membakar semangat pemain di lapangan.

Bicara suporter, Indonesia bisa dibilang menjadi satu di antara negara yang mempunyai pendukung paling fanatik. Beberapa tim di Indonesia memiliki basis suporter besar.

Klub-klub Indonesia yang mempunyai kelompok suporter dengan jumlah besar dan fanatik antara lain Persebaya Surabaya, Arema Malang, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, dan Persis Solo. 

Ketika tim-tim tersebut bermain kandang, stadion sering penuh. Apalagi jika tim-tim tersebut saling bertemu, tentunya banyak suporter yang hanya bisa menyaksikan dari luar stadion ataupun dari layar kaca.

Para suporter yang datang ke stadion juga tak hanya menonton saja, melainkan juga bernyanyi sepanjang laga. Tak hanya itu, para suporter juga kerap menyuguhkan aksi kreatif dan unik.

Saat ini, sudah banyak kelompok suporter Indonesia yang menampilkan aksi koreografi layaknya pendukung tim-tim di Eropa. Selain itu, ada juga suporter yang datang dengan gaya yang unik.

Berikut Bola.com mengumpulkan, gaya unik suporter Indonesia saat menonton tim kebanggan mereka.

2 dari 9 halaman

1. Serba Hijau

3 dari 9 halaman

2. Kalau Ini Serba Biru

4 dari 9 halaman

3. Bapak dan Anak Kompak

5 dari 9 halaman

4. Totalitas Untuk Timnas Indonesia

6 dari 9 halaman

5. Ngaji Iya, Sepak Bola Oke

 
 
 
View this post on Instagram

Pasukan Wad*mor #maduraunited

A post shared by Loyalitas Suporter Indonesia (@loyalitas_suporter.id) on

7 dari 9 halaman

6. Pocong

8 dari 9 halaman

7. Pocong Kuning

9 dari 9 halaman

8. Tuyul

Video Populer

Foto Populer