Sukses


Indonesia Copot Pelatih Timnas, Vietnam Perpanjang Kontrak Park Hang-seo

Bola.com, Hanoi - Di saat posisi pelatih kepala Timnas Indonesia jadi ontran-ontran, satu di antara negara pesaing di pentas sepak bola Asia Tenggara, Vietnam, justru menemui kepastian perihal kontrak anyar Park Hang-seo, yang menjabat sebagai pelatih Timnas Vietnam sejak 2017.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) akhirnya merampungkan negosiasi dengan Park Hang-seo, yang diwakili sang agen, Lee Dong-jun. Kesepakatan kembali terjalin antara kedua pihak.

VFF memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan itu hingga tiga tahun ke depan. Kontrak Park Hang-seo sebelum ini, habis pada Januari 2020.

Sebelumnya, proses negosiasi VFF dengan Park yang diwakili sang agen, berjalan alot dan memakan waktu beberapa bulan terakhir. Kabarnya, Park meminta kenaikan gaji hingga lima kali lipat, berkat torehan apiknya selama membesut Timnas Vietnam senior dan U-23.

Namun, rumor itu dibantah Park Hang-seo. Hanya, dalam kontrak baru ini disinyalir terjadi perubahan, satu di antaranya perihal besaran gaji yang mengalami peningkatan dari jumlah sebelumnya.

Dalam kontrak lama, asisten pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 itu mendapat gaji 20 ribu dolar per bulan (Rp280,4 juta). Belum ada informasi resmi berapa besaran gaji dalam kontrak terbaru Park Hang-seo.

"Kami meneken kontrak pada Selasa petang (5/11/2019). Semua pihak merasa gembira. Saya harap era baru akan tercipta sekali lagi di sepak bola Vietnam," ujar Lee Dong-jun, dikutip dari VNExpress.

"Sepak bola Vietnam telah memiliki prestasi luar biasa dalam dua tahun terakhir ini. Tapi, masih ada hal-hal yang perlu dipernaiki. Peran saya adalah membuat Timnas Vietnam jadi lebih kuat," timpal Park Hang-seo.

2 dari 2 halaman

3 Tugas

Dalam kontrak baru, VFF memberikan tugas pada Park Hang-seo untuk memimpin tiga tim sekaligus, yakni Timnas Vietnam senior, U-23, dan tim Olimpiade. 

Agenda terdekat Park Hang-seo adalah menyiapkan timnas senior dalam lanjutan penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Malaysia (14/11/2019) dan Thailand (19/11/2019), serta SEA Games 2019, 26 November-10 Desember 2019.

Sementara, sejak ditangani Park Hang-seo dalam dua tahun terakhir, Vietnam mampu tampil di final Piala AFC U-23 2018, jadi semifinalis Asian Games 2019, menjuarai Piala AFF 2018, dan perempat final Piala Asia 2019.

Mengacu pada agenda timnas, target di depan mata yang hendak diraih Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam senior dan U-22 adalah lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang juga tiket tampil di putaran final Piala Asia 2023, serta menyabet medali emas SEA Games untuk kali pertama.

Sumber: VNExpress

Video Populer

Foto Populer