Sukses


AFF Berencana Menggulirkan ASEAN Club Championship pada 2020

Bola.com, Jakarta - Rencana Asosiasi Sepak Bola ASEAN (AFF) untuk menggelar ASEAN Club Championship (ACC) mulai tahun depan mulai menyedot atensi, tak hanya pencinta sepak bola melainkan juga klub-klub profesional di seantero ASEAN.

AFF mengumumkan akan menggulirkan ACC, yakni turnamen yang akan diikuti 12 klub terbaik dari seluruh negara anggota AFF. Pemenang dari turnamen ini dikabarkan akan mengantongi 500 ribu dolar AS (Rp7 miliar).

Namun, AFF masih akan membahas lebih lanjut perihal detail ACC, seperti format turnamen dan jadwal pas agar tak bertabrakan dengan agenda kompetisi domestik maupun event yang diputar AFC-FIFA, hingga sponsorship.

ACC bisa diibaratkan Piala AFF yang sudah digulirkan sejak 1996 yang diikuti timnas negara ASEAN, namun untuk level klub.

Presiden AFF, Khiev Sameth, seperti dilansir dari situs resmi AFF, mengungkapkan rencana menggulirkan ACC ini dibahas serius dalam Pertemuan Dewan Khusus AFF (AFF Special Council Meeting) di Ho Chi Minh pada pekan lalu. 

"Saya senang berbagi, bahwa ASEAN Club Championship disetujui dengan suara bulat oleh semua Anggota Asosiasi yang hadir di AFF Special Council Meeting, ujar Sameth.

Sameth menuturkan ACC bakal meningkatkan standar timnas dan meningkatkan profil klub maupun liga di wilayah ASEAN.

"ACC juga akan membantu klub meningkatkan keuangan mereka, mempromosikan sports tourism, dan menjadi hiburan lebih dari 650 juta suporter sepak bola di wilayah ASEAN," lanjut pria asal Kamboja itu.

Sameth mengklaim rencana AFF menggelar ACC mendapat dukungan dari AFC dan FIFA. 

"Kami berbagi rencana kami untuk kejuaraan klub dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Presiden AFC, His Excellency Shaikh Salman, dan mereka berdua mendukung," kata Sameth.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan penuh dari FIFA dan AFC," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Klarifikasi AFC

AFC, seperti dilansir dari situs resmi mereka, Rabu (6/11/2019), membenarkan AFF sudah mengajukan proposal perihal ACC. Hanya, AFC juga memberikan klarifikasi.

Dalam pernyataan resminya, AFC menyambut semua upaya AFF untuk mendukung pengembangan sepak bola klub di kawasan itu, namun AFC memastikan ada beberapa proses yang perlu diikuti sebelum, terutama dalam memastikan semua masalah yang beredar perlu diklarifikasi sebelum mendapat persetujuan.

Hal itu mengacu pada pernyataan Sameth, yang sempat menyebut pemenang ACC memiliki peluang tampil di Piala Dunia Antarklub pada 2021 yang akan digelar di China. 

"AFC ingin menegaskan kembali bahwa tim perwakilan AFC ke Piala Dunia Antarklub hanya akan melalui kompetisi klub AFC, yaitu Liga Champions Asia," demikian konfirmasi resmi AFC.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer