Sukses


Nasihat Legenda Timnas Jerman dan Bayern Munchen untuk Pemain Muda Indonesia

Jakarta - Legenda sepak bola Jerman Lotthar Matthaus berbagi tips untuk para pemain muda di Indonesia. Menurut Matthaus, pemain muda jangan pernah berhenti untuk berkembang. Pasalnya, sepak bola selalu berubah dari waktu ke waktu.

Matthaus bicara saat dimintai saran terkait terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. "Anda harus tetap berkembang. Barangkali Anda terjatuh suatu saat nanti dan itu tidak bagus," kata Matthaus di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Kehadiran Lotthar Matthaus di Jakarta dalam rangka Bundesliga Experience yang berlangsung pada 14-16 November. Acara yang digagas Bundesliga ini digelar demi mendekatkan diri dengan fans di Indonesia.

Tak hanya dapat menyaksikan Matthaus, para penggemar juga dapat melihat langsung trofi Meisterschale. Itu merupakan piala yang diberikan kepada tim juara Bundesliga.

Lotthar Matthaus menambahkan, konsistensi untuk terus lebih baik membuatnya berhasil menjaga performa. Alhasil, ia pun selalu masuk timnas Jerman saat masih aktif bermain.

"Untuk selalu lebih baik daripada pemain lainnya," ujar pengoleksi 150 caps bersama timnas Jerman tersebut.

2 dari 2 halaman

Jauh berbeda

Lebih lanjut, Matthaus pun buka suara soal perkembangan pemain usia dini di Jerman. Menurutnya, kondisi di Jerman saat ini jauh berbeda dibanding dengan yang dia alami dulu.

"Saat ini, kami punya banyak pemain akademi. Kami punya banyak pemain muda dari berbagai negara. Mereka harus bermain untuk lebih baik," kata Matthaus.

Melimpahnya pemain akademi di Jerman dinilai Matthaus merupakan hal yang positif. Hal it membuat klub-klub Jerman tidak perlu terlalu menggelontorkan dana melimpah demi memboyong pemain bintang.

"Sepak bola Jerman sedang berada di jalur yang tepat," katanya.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Lutfhie Febrianto/Harley Ikhsan, Published 14/11/2019)

Video Populer

Foto Populer