Sukses


Bintang Timnas Filipina Gantung Sepatu pada Usia 32 Tahun

Bola.com, Jakarta - Kabar datang dari bintang Timnas Filipina, Philip Younghusband. Pada Senin malam (18/11/2019), saudara James Younghusband itu mengumumkan gantung sepatu. Kendati, usianya baru 32 tahun.

"Menggantung sepatu saya! Terima kasih buat bos-bos saya, pelatih, rekan satu tim, para pesaing, dan seluruh suporter yang menjadi bagian dalam perjalanan saya. Sampai jumpa lagi, secepatnya, dalam petualangan baru," tulis Phiilip dalam akun media sosialnya.

Publik sepak bola, khususnya di Asia Tenggara termasuk di Indonesia, mengenal sosok Philip Younghusband sebagai satu di antara pemain yang membangkitkan sepak bola di Filipina. 

Ia bersinar seiring geliat sepak bola di Filipina, di mana masyarakatnya lebih menggemari basket dan tinju. Satu di antara penampilannya yang mendapat sorotan terjadi di Piala AFF 2010. Ketika itu Phil berhasil membawa Timnas Filipina jadi kuda hitam dan melangkah hingga semifinal.

Selanjutnya, Phil juga jadi bagian sejarah saat The Azkals berhasil lolos ke Piala Asia 2019. Prestasi itu jadi yang pertama dalam catatan sepak bola Filipina.

Keberhasilan Filipina ke putaran final Piala Asia 2019 ditandai dengan kemenangan 2-1 atas Tajikistan, yang membuat the Azkals memuncaki klasemen Grup F dalam putaran ketiga kualifikasi.

Pada pertandingan itu, Phil mencetak satu gol, yang sangat spesial. Gol ke gawang Tajikistan dalam laga itu merupakan gol ke-50-nya buat Timnas Filipina.

2 dari 2 halaman

Tetap Aktif di Sepak Bola

Philip Younghusband merupakan pemain dengan caps paling banyak di Timnas Filipina, yakni tampil dalam 108 pertandingan. Ia mengoleksi total 52 gol internasional.

Pemain kelahiran Inggris itu menjabat sebagai kapten Timnas Filipina dalam tiga tahun terakhir, menggantikan Rob Gier, yang memutuskan pensiun tiga tahun lalu.

Phil pensiun setelah 13 tahun berkarier di pentas internasional. Ia mencatatkan debut pada 2005, dengan debut tampil di SEA Games 2005 ketika Filipina kalah 2-4 dari Malaysia. Phil memborong dua gol The Azkals pada pertandingan itu.

Phil menegaskan masih akan berkecimpung di dunia sepak bola setelah gantung sepatu. Bersama saudaranya, James, yang masih bermain di Ceres-Negros FC, keduanya akan tetap menjadi mentor serta duta besar sepak bola.

"Saya juga ingin melakukan apa yang saya bisa untuk membantu sepak bola," ujar Phil, dikutip dari laman resmi AFC.

"Saya masih ingin menaikkan minat terhadap sepak bola lagi. Saya masih berpikir jika kita bisa melakukannya sebelum 2010, seharusnya lebih mudah sekarang," imbuh pemain yang memakai nomor punggung 1- semasa aktif di Timnas Filipina itu.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer