Sukses


Gol ke-50 Philip Younghusband Mengiringi Prestasi Timnas Filipina ke Piala Asia

Bola.com, Manila - Timnas Filipina sudah memastikan tampil di Piala Asia 2019. Prestasi bermain di Piala Asia jadi kali pertama diraih timnas berjulukan The Azkals itu sepanjang sejarah sepak bola mereka.

Satu di antara pemain yang jadi sorotan di Timnas Filipina adalah sang kapten, Philip Younghusband. Philip mencetak gol penentu kemenangan 2-1 Filipina pada laga kontra Takijistan di laga terakhir penyisihan Grup F putaran ketiga kualifikasi di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (27/3/2018).

Gol penentu kemenangan itu membuat posisi Filipina di puncak klasemen semakin kukuh. Pasalnya, Timnas Filipina hanya butuh imbang untuk menyegel tiket ke Piala Asia 2019.

Selain itu, gol tersebut juga punya arti penting buat Philip. Itu adalah gol ke-50 yang dicetaknya selama memperkuat The Azkals di laga internasional.

Tak heran, seusai pertandingan, Philip merasa emosional. "Pertandingan yang sangat emosional," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi AFC, Rabu (28/3/2018).

"Kami bermain sangat berhati-hati karena lawan butuh menang. Ketika mereka mencetak gol lebih dulu, saya pikir itu jadi pendorong kami untuk memainkan permainan terbaik kami karena kami tahu kami harus menyerang, perlu mencetak gol," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Spirit Orang Filipina

Pemain 30 tahun itu menambahkan selalu sulit buat pemain, datang ke pertandingan yang tak perlu dimenangi karena Filipina hanya butuh hasil imbang pada laga menjamu Takijistan.

Timnas Filipina merayakan kepastian tampil di Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Tajikistan di Manila, Selasa (27/3/2018). (Bola.com/Dok. AFC)

Buat saudara James Younghusband itu, apa yang diperlihatkan pada pertandingan melawan Tajikistan, sebagai spirit dari masyarakat Filipina, semangat berjuang. "Ketika kami tertekan, kami dapat bangkit kembali. Itu yang kami perlihatkan hari ini," kata Philip.

"Buat saya, perasaan akan tampil di Piala Asia, itu yang paling penting. Seperti saya bilang, saya tak peduli apakah gol ke-50 ini tercipta pada laga ini atau 10 pertandingan lagi, itu tak ada dalam pikiran saya. Buat saya, ini tentang bagaimana mendapatkan kemenangan," imbuh pemain Davao Aguilas itu.

Timnas Filipina merebut satu dari 24 tiket bermain di Piala Asia 2019 dengan menduduki puncak klasemen Grup F pada putaran ketiga kualifikasi. Skuat asuhan pelatih Thomas Dooley ini mengemas poin 12, hasil dari tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

Video Populer

Foto Populer