Sukses


Duel Antarlini PSM Makassar vs Bali United: Amido Balde Kembali Jadi Sorotan

Bola.com, Makassar - Aksi striker Amido Balde kembali jadi sorotan saat PSM Makassar menjamu Bali United pada laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (23/11/2019). Penampilan mantan striker Glasgow Celtic itu dinilai belum optimal oleh suporter PSM meski mencetak tiga gol pada empat laga terakhir Juku Eja. Termasuk saat mencetak satu dari empat gol PSM ke gawang Persipura pada laga tunda pekan ke-4 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Senin (18/11/2019).

Suporter PSM Makassar justru lebih memuji Ferdinand Sinaga yang juga mencetak satu gol pada pertandingan itu. Namun, pelatih PSM, Darije Kalezic menilai pemainnya secara obyektif. Mantan pelatih Roda JC Kerkrade itu mengisyaratkan tetap memainkan Balde sejak menit awal.

"Saya butuh sosok Balde yang kuat dalam berduel dengan bek lawan. Dia sudah menunjukkan kerja keras dan ini sangat berguna buat tim," ujar Kalezic.

Striker PSM Makassar, Amido Balde. (Bola.com/Yoppy Renato)

Balde menjadi pemain asing PSM tersisa yang bisa tampil melawan Bali United. Tiga pemain asing lainnya, Wiljan Pluim, Marc Klok dan Aaron Evans absen karena cedera dan akumulasi kartu kuning.

Situasi yang dihadapi Balde tak mudah. Karena berkaca pada karakter Kalezic, sang mentor sangat menyukai striker yang aktif. Terutama membantu lini belakang saat lawan mendapat tendangan bola mati.

Postur Balde yang tinggi dibutuhkan PSM dalam situasi tersebut. Karena dengan absennya tiga pemain asing andalan plus Abdul Rahman, Juku Eja minim pemain dalam duel bola atas.

Apalagi, Bali United kembali bisa memainkan Paulo Sergio dan Melvin Platje yang sudah bebas dari hukuman akumulasi kartu kuning. Kolaborasi keduanya sangat pas untuk memaksimalkan situasi bola mati.

Belum lagi di kubu Bali United masih ada William Pacheco dan Gunawan Dwi Cahyo yang kerap mencetak gol lewat tendangan bola mati. Bagi PSM, kemenangan atas Bali United jadi harga mati demi membuka peluang ke papan atas.

Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar kontra Bali United versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Lini Belakang

Absennya Aaron Evans karena akumulasi dan Abdul Rahman karena cedera membuat PSM menyimpan celah di belakang.

Menghadapi lini depan Bali United yang tajam, pelatih PSM, Darije Kalezic, bertumpuh kepada duet Hasim Kipuw dan Raphael Maitimo dengan Munhar sebagai opsi alternatif. Di lain pihak, PSM berharap stamina duet bek sayap, Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat tetap terjaga. 

Karena setelah ditinggal Asnawi Mangkualam dan Firza Andika yang memperkuat tim nasional U-22, keduanya praktis jadi langganan starter. Bali United mengandalkan duet stoper berpostur tinggi, William Pacheco dan Gunawan Dwi Cahyo dengan Leonard Tupamahu sebagai opsi alternatif.

Duet itu bisa diandalkan untuk meredam aksi striker Amido Balde. Tetapi, salah besar kalau fokus lini belakang Bali United lebih tertuju ke Balde. Karena PSM memiliki dua penyerang lainnya, Ezra Walian dan Rizky Eka Pratama yang bisa mencetak gol.

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Pada laga ini, Juku Eja tak bisa memainkan Wiljan Pluim (cedera) dan Marc Klok (akumulasi kartu). Alhasil, pelatih PSM, Darije Kalezic akan mengoptimalkan kemampuan trio gelandang lokal, Rizky Pellu, M. Arfan dan Rasyid Bakri.

Secara kualitas, lini tengah PSM memang berkurang. Tetapi, ketiga gelandang itu dikenal memiliki determinasi dan daya juang yang tinggi. Mereka bisa terlihat di semua sudut lapangan lawan sekaligus mengintip peluang mencetak gol. Seperti yang kerap ditunjukan Rizky Pellu.

Di lain pihak, kembalinya Paulo Sergio yang bebas dari sanksi akumulasi kartu bakal jadi pembeda di Bali United. Pergerakan Sergio yang lebih banyak beroperasi di lini belakang lawan bakal ditopang Fadil Sausu dan Brwiwa Hekmat Nouri. Secara umum, Bali United lebih unggul di lini tengah.

4 dari 4 halaman

Lini Depan

PSM memiliki trio penyerang, Rizky Eka Pratama, Amido Balde dan Ezra Walian. Ketiganya baru saja mencetak gol ketika Juku Eja melibas Persipura Jayapura 4-0 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin (18/11/2019).

Tak hanya mereka, Juku Eja punya 'senjata rahasia' dalam diri Ferdinand Sinaga yang juga turut mencetak gol ke gawang Persipura. Tanpa Mark Klok dan Wiljan Pluim, PSM kemungkinan besar memaksimalkan pergerakan lewat sayap untuk menjebol gawang Bali United.

Sebaliknya, Bali United tidak bisa memainkan Ilija Spasojevic yang tengah berduka. Pelatih Teco Cugurra bakal memaksimalkan kemampuan Melvin Platje yang ditunjang Paulo Sergio yang diplot sebagai second triker. Di lini ini, Teco bisa menjadikan Stefano Lilipaly sebagai opsi utama.

Pergerakan Fahmi Al Ayyubi dan Yabes Roni dari sisi sayap juga bisa menyulitkan lini belakang PSM.

Video Populer

Foto Populer