Sukses


Shin Tae-yong Belum Memutuskan Pilih Timnas Indonesia atau Shenzhen FC

Bola.com, Jakarta - Kabar terbaru datang dari Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan yang jadi kandidat arsitek Timnas Indonesia itu mengaku belum mencapai kesepakatan apa pun dengan klub China, Shenzhen FC.

Pernyataan ini jadi bisa jadi bantahan atas kabar yang beredar sebelumnya, yang menyebut Shin Tae-yong tinggal selangkah lagi gabung Shenzhen dan memilih melepas tawaran melepas Timnas Indonesia.

Media berbasis di Korea Selatan, Donga, menulis mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu masih mempertimbangkan tawaran terbaik: melatih Shenzhen atau Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong membenarkan ia mengadakan kontak dan sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan klub Shenzhen FC pada Kamis (12/12/2019).

Sebelumnya, pada medio November lalu ia sudah menemui perwakilan PSSI di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk menyampaikan proposal programnya.

Kini, ia dalam posisi mempertimbangkan tawaran Shenzhen FC serta menunggu perkembangan negosiasi gaji dengan PSSI yang masih terus berlangsung.

"Saya belum membuat keputusan apa pun. Saya sudah banyak bicara dengan Indonesia (PSSI), dan perihal ketertarikan Shenzhen FC pada saya itu juga benar. Yang pasti dari semua ini, saya akan kembali ke lapangan (melatih) pada tahun depan," kata Shin Tae-yong, dilansir dari Donga, Jumat (13/12/2019).

2 dari 2 halaman

Jadi Komentator

Tercatat sudah 1,5 tahun Shin Tae-yong tak melatih sebuah tim. Tepatnya setelah kontraknya sebagai pelatih Timnas Korea Selatan tidak diperpanjang oleh Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) selepas Piala Dunia 2018.

Ia memang mampu membawa Son Heung-min dkk. mempermalukan juara bertahan, Jerman, dalm fase penyisihan grup. Namun, sama halnya Der Panzer, The Taeguk Warriors juga gagal melaju ke fase gugur.

Posisi Shin Tae-yong lantas digantikan pelatih asal Portugal, Paulo Bento.

Untuk mengisi waktunya sembari mendapat tawaran melatih lagi, mantan gelandang serang Seongnam FC ini mengisi acara-acara sepak bola di negaranya, termasuk menjadi komentator di Piala Asia 2019.

Di sisi lain, PSSI juga sudah bertemu dengan Luis Milla, kandidat lain untuk mengisi kursi pelatih kepala Timnas Indonesia yang lowong setelah memberhentikan Simon McMenemy pada awal Oktober lalu.

Sumber: Donga

Video Populer

Foto Populer