Sukses


Mengurus Proses Jadi PNS di Jayapura, Osvaldo Haay Tak Ikut TC Persebaya

Bola.com, Surabaya - Penyerang sayap Persebaya, Osvaldo Haay, memutuskan pulang ke Jayapura. Ia bertolak dari Surabaya, Selasa (14/1/2020). Dia bukan ingin kabur dari kewajiban sebagai pemain Persebaya sampai kontrak selesai pada 31 Januari 2020.

Pemain berusia 21 tahun itu mengaku harus mengurus keperluan berkas proses menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Osvaldo telah mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kota kelahirannya itu, sejak tahun lalu.

"Kemarin CPNS sudah berjalan lancar. Sekarang ini ada keperluan lain untuk pengurusan PNS di Jayapura. Saya masuk di bidang kepegawaian. Saya sudah izin pada manajer (Candra Wahyudi) dan diizinkan," kata Osvaldo kepada Bola.com, Selasa.

Di sisi lain, Persebaya sebenarnya bakal menggelar training centre (TC) atau pemusatan latihan di Yogyakarta mulai Rabu hari ini (15/1/2020). Osvaldo belum bisa memastikan bakal bergabung bersama rekan-rekannya dalam agenda tersebut.

"Semoga saja semuanya cepat selesai di Jayapura. Saya masih berharap bisa menyusul teman-teman di Yogyakarta. TC-nya kan sampai tanggal 25 (Januari), saya berharap sebelum itu sudah selesai urusan di Jayapura," imbuhnya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, membenarkan klaim yang dibuat Osvaldo. Sebagai pelatih kepala, dia sudah diberi tahu oleh pemainnya itu untuk absen sejenak dalam kegiatan tim di waktu dekat ini.

"Osvaldo sudah izin dengan manajemen, juga izin ke saya. Dia pulang mengurus PNS di Papua. Saya juga sudah berkomunikasi sama Osvaldo,” ucap pelatih berusia 49 tahun itu.

2 dari 2 halaman

Sempat Merenggang

Hubungan Aji dan Osvaldo sempat merenggang akibat suatu masalah kecil. Osvaldo mangkir dalam latihan selama tiga kali, tanpa pemberitahuan. Aji lantas menyebutnya sebagai pemain indisipliner karena masih berstatus sebagai pemain Persebaya.

Saat timnya berlatih, pemain asal Papua itu malah asyik berlibur di Jayapura. Osvaldo menyadari ia melakukan tindakan yang kurang tepat dengan tidak datang ke latihan tim tanpa pemberitahuan.

Tetapi, relasi mereka kini telah mencair sejak Osvaldo datang mengikuti latihan tim pada Jumat (10/1/2020). Sehari setelah, Sabtu (11/1/2020), mantan pemain Persipura Jayapura itu diberi kesempatan tampil saat Persebaya menjamu Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Dia juga minta maaf sama saya. Saya tutup (kasus), tidak ada masalah lagi karena dia juga liburan," tutur Aji.

Video Populer

Foto Populer