Sukses


Alasan Asprov PSSI Jatim Menggelar Piala Gubernur 2020

Bola.com, Surabaya - Piala Gubernur Jatim kembali dihelat pada pramusim 2020. Tahun ini bakal menjadi edisi ke-13 setelah terakhir digelar pada 2015. Turnamen ini sudah absen digelar selama empat tahun.

Piala Gubernur Jatim 2020 menjadi ajang pemanasan untuk kontestan Liga 1 2020. Keputusan PSSI tidak menggelar Piala Presiden 2020 menjadi alasan Asprov PSSI Jawa Timur mengisi kekosongan menjelang kompetisi yang dimulai pada 29 Februari.

"Piala Gubernur Jawa Timur 2020 ini bagus untuk pemanasan terutama bagi tim-tim asal Jawa Timur sebelum kick-off Liga 1 2020. Delapan pesertanya adalah tim-tim elit di Indonesia," kata Ahmad Riyadh, Ketua Asprov PSSI Jatim, Jumat (31/1/2020).

"Ada Persik Kediri juara Liga 2 2019 dan tim luar negeri Sabah FA juara kasta kedua di Malaysia. Tahun 2020 ini tak ada Piala Presiden, jadi kami ada kesempatan dan waktu untuk menggulirkan kembali Piala Gubernur Jatim,” imbuhnya.

Turnamen ini menjadi wadah bagi klub-klub Jawa Timur yang bakal melakoni Liga 1 2020. Seperti diketahui, sejak lama provinsi di ujung timur Pulau Jawa ini merupakan satu di antara kiblat sepak bola nasional.

Provinsi Jawa Timur meiliki kontestan terbanyak dengan lima peserta di kasta tertinggi tahun ini. Mereka adalah Arema FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, dan Persik Kediri.

Lima tim tersebut dipastikan bakal berpartisipasi. Lalu, masih ada dua tim Liga 1 lainnya yang berstatus undangan, yaitu Persija Jakarta dan Bhayangkara FC. Satu tim lagi datang dari Malaysia, Sabah FA, yang merupakan tim promosi Malaysia Super League 2020.

2 dari 2 halaman

Mendorong Tim Jatim Juarai Liga 1

Delapan tim itu dibagi menjadi dua grup. Grup A dimainkan di Stadion Gelora Bangkalan berisikan Madura United, Persebaya, Persik, dan Bhayangkara. Sedangkan Grup B dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, diisi Arema, Persija, Persela, dan Sabah.

"Mudah-mudahan pertandingan menjadi lokomotif pemanasan tim Jatim yang akan berlaga di Liga 1. Kami juga berharap dari Piala Gubernur ada perbaikan strategi metodologi penguatan tim, agar ke depan, Jatim yang menjadi juara Liga 1," ucap Riyadh.

"Kami harus solid, semua suporter berkumpul untuk menyatukan visi dan misi demi sepak bola Jatim. Diharapkan mereka menjadi suporter yang benar-benar militan dan demi perbaikan timnya," imbuhnya.

Rencananya, format yang digunakan adalah setengah kompetisi di fase grup yang digelar pada 10-15 Februari. Dua tim teratas bakal melanjutkan kiprah di semifinal yang dijadwalkan pada 17 Februari 2020. Partai puncak turnamen ini dimainkanpada 20 Februari 2020.

Asprov PSSI Jawa Timur masih belum memutuskan stadion mana yang akan menjadi venue semifinal dan final Piala Gubernur Jatim 2020.

Video Populer

Foto Populer