Sukses


PSSI Berencana Menggelar Uji Coba untuk Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - PSSI berencana menggelar uji coba untuk Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat. Pasukan Shin Tae-yong itu dipersiapkan untuk Piala AFF dan Piala AFC U-19. Namun, tujuan utamanya tetap Piala Dunia U-20 2021 ketika Indonesia menjadi tuan rumah.

"Untuk Februari 2020, kemungkinan akan kembali digelar TC. Lalu, ada beberapa negara yang kami siapkan untuk uji coba," ujar Wakil Ketua PSSI, Cucu Somantri.

"Untuk uji coba apakah akan bermain di dalam atau luar negeri, masih kami rancang," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) tersebut.

Skuat Timnas Indonesia U-19 baru dibubarkan setelah digeber dalam pemusatan latihan (training centre) di Chiang Mai, Thailand. Pelatnas tersebut berlangsung pada 21-31 Januari 2020.

Selama di Thailand, manajer pelatih Shin Tae-yong fokus meningkatkan kondisi fisik Timnas Indonesia U-19. Memang, Witan Sulaeman dan kawan-kawan juga menghadapi enam partai uji coba. Tapi, hasil akhir bukan suatu patokan.

PSSI tetap puas walaupun Timnas Indonesia U-19 hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan latih tanding saat TC di Thailand. Adapun, lima partai lainnya berakhir dengan kekalahan.

 

2 dari 2 halaman

Komentar tentang Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-19

Cucu juga mengomentari hasil dari enam uji coba Timnas Indonesia U-19. Apalagi, masih banyan pihak, termasuk warganet, yang tidak puas dengan penampilan tim berjulukan Garuda Muda ini.

"Pengamat atau warganet boleh-boleh saja mengeluarkan pendapat. Tapi, pelatih punya pengamatan pribadi. Tapi paling tidak, berkaca pengalaman saya memimpin pasukan, kalau pasukan kami belum apa-apa diberikan kemenangan, mereka akan besar kepala istilahnya. Merasa sudah jagoan," tutur Cucu, yang juga merupakan penisunan TNI AD dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal (Mayjen) tersebut.

"Sebab, target Timnas Indonesia U-19 di TC Thailand adalah peningkatan kondisi fisik. Setelah kembali ke Indonesia, baru mereka berlatih taktik dan strategi," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer