Sukses


Persija Jakarta Datangkan 7 Pemain Berlabel Bintang, Ini Total Nilai Pasarnya

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi memperkenalkan Osvaldo Haay sebagai rekrutan baru, Senin (10/2/2020). Eks pemain Persebaya Surabaya itu diikat dengan durasi kontrak selama satu tahun.

Persija dan Osvaldo sepakat dengan durasi kontrak satu musim dengan klausul perpanjangan 2-3 tahun. Osvaldo Haay menjadi pemain baru ketujuh Persija Jakarta.

Sebelumnya, tim Macan Kemayoran telah mendatangkan Alfath Faathier, Otavio Dutra, Rafli Mursalim, Evan Dimas, Marc Klok, dan Marco Motta.

Beberapa pemain yang sudah didatangkan Persija tersebut bisa dibilang berlabel bintang. Itu artinya klub berjuluk Macan Kemayoran tak mengeluarkan dana sedikit untuk merekrut pemain-pemain tersebut.

Bahkan, khusus Osvaldo Haay manajemen Persija kabarnya mengeluarkan dana lebih dari yang tercatat di situs penyedia data statistik, Transfermarkt.

Dalam Transfermarkt, banderol Osvaldo Haay tertulis 300 ribu euro atau setara dengan Rp4,4 miliar.

"Banderol Osvaldo Haay angkanya Rp4,4 m? Itu terlalu kecil," kata Ferry Paulus.

Jika Osvaldo Haay saja sekitar Rp 4,4 miliar, lalu berapa banderol pemain baru Persija Jakarta seperti Evan Dimas Darmono, Marc Klok hingga Marco Motta. Seperti diketahui, transfer di Indonesia belum terbiasa menyampaikan nilai kontrak seorang pemain.

 

2 dari 3 halaman

Kisaran Nilai Jual Pemain Baru Persija Jakarta

Kendati demikian, nilai jual pemain masih bisa diliat dari situs Transfermarkt. Jika dilihat dari Transfermarkt, pemain baru Persjia Jakarta dengan banderol tertinggi bukanlah Marco Motta, pemain yang pernah bermain di Serie A bersama AS Roma dan Juventus.

Pemain baru Persija dengan harga jual tertinggi justru ada pada Marc Klok. Pemain asal Belanda memiliki nilai pasar seharga 450 ribu euro atau setara dengan Rp6,7 miliar.

Kemudian pemain termahal kedua ialah Evan Dimas Darmono. Pemain yang didatangkan Persija dari Barito Putera itu mempunyai harga jual sebesar 350 ribu euro (Rp5,2 miliar).

Setelah Evan Dimas ada Osvaldo Haay dan Marco Motta yang sama-sama memiliki nilai jual sebesar 300 ribu euro atau setara dengan Rp 4,4 miliar. Kemudian di bawah Osvaldo dan Motta ada Alfath Faathier dengan harga pasar senilai 225 ribu euro (Rp3,7 miliar).

Dua nama baru lainnya, Otavio Dutra dan Rafli Mursalim, masing-masing memiliki nilai jual 100 ribu euro dan 25 ribu euro. Jika di total, ketujuh pemain tersebut berharga jual 1,75 juta euro atau Rp26 miliar.

Angka tersebut bisa dibilang sudah sepertiga harga dari seluruh pemain Persija yang bernilai pasar kurang lebih sekitar Rp70 miliar.

3 dari 3 halaman

Harga Pasaran Pemain Anyar Persija Jakarta

Berikut ini nilai jual 7 pemain anyar Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2020.

1. Marc Klok 450 ribu euro (Rp6,7 miliar)

2. Evan Dimas D 350 ribu euro (Rp5,2 miliar)

3. Marco Motta 300 ribu euro (Rp4,4 miliar)

4. Osvaldo Haay 300 ribu euro (Rp4,4 miliar)

5. Alfath Faathier 225 ribu euro (Rp3,7 miliar)

6. Otavio Dutra 100 ribu euro (Rp1,4 miliar)

7. Rafli Mursalim 25 ribu ribu euro(Rp370 juta)

Total: 1,75 juta euro atau setara dengan Rp26 miliar.

Sumber: Transfermarkt.

APSSI Usulkan Pra-Musim Selama 2 Bulan Sebelum Liga Indonesia Kembali Bergulir

Video Populer

Foto Populer