Sukses


Prediksi Tampines Rovers Vs PSM: Uji Kapasitas Skuat Bojan Hodak

Bola.com, Singapura - PSM Makassar berambisi meraih prestasi lebih baik di Piala AFC 2020. Tim Juku Eja akan menjalani laga perdana Grup H melawan Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Singapura, Rabu (12/2/2020).

Tampines Rovers akan menjadi ujian besar bagi PSM. Tentu tak mudah buat pelatih Bojan Hodak. Apalagi, pada pertandingan nanti, Wiljan Pluim dipastikan absen karena sanksi kartu merah yang didapatnya saat PSM menjamu Lalenok United pada leg kedua play-off (29/1/2020).

Tandem Pluim, M. Arfan yang juga bernasib sama. Terkait situasi itu, Hodak sudah mengantisipasinya dengan menduetkan Rizky Pellu dan Rasyid Bakri. Keduanya sudah dimainkan saat PSM melawan Bhayangkara FC pada uji coba yang berakhir dengan skor 1-0 (5/2/2020).

"Saya puas dengan kinerja pemain. Khususnya lini serang," kata Hodak.

Hodak mendapat target membawa PSM meraih prestasi lebih baik. Pada 2019, tim Juku Eja berhasil menembus semifinal Zona ASEAN.

Untuk merealisasikan target itu, Hodak pun diberikan kewenangan penuh terkait masalah teknis, Di antaranya mendatangkan pemain asing yang sesuai kriterianya.

Musim ini, PSM hanya mempertahankan Pluim, kapten Juku Eja yang memang dalam tiga musim terakhir selalu menjadi ruh permainan klub kebanggaan Makassar ini.

Tiga slot yang tersisa adalah pemain yang datang atas permintaan Hodak, Hussein El Dor, Giancarlo Rodrigues, dan Serif Hasic. Dua nama pertama sudah unjuk kemampuan bersama PSM Makassar ssat menyingkirkan Lalelok United (Timor Leste) di babak play-off. 

Video

2 dari 4 halaman

Celah di Lini Belakang

Hodak mengakui lini belakangnya masih menyimpan celah. Itulah mengapa, ia berharap kehadiran Hasic mampu menutupi kelemahan itu. Masukan dari Bacina yang pernah menjadi pelatih Tampines pada 2013 juga jadi 'senjata rahasia' Hodak.

"Tampines bukan lawan yang mudah buat PSM. Mereka pernah menyulitkan Bali United di kualifikasi Liga Champions. Tapi, kalau pemain tampil dengan kemampuan terbaiknya, PSM bisa meraih poin di Singapura," tegas Hodak.

Hal senada dikatakan Ferdinand Sinaga, top scorer sementara PSM Makassar di Piala AFC 2020 dengan empat gol. "Seluruh pemain bertekad tampil habis-habisan untuk meraih poin di markas Tampines. Kami bertanding bukan hanya nama Makassar tapi juga Indonesia," tutur Ferdinand.

 

3 dari 4 halaman

Tuan Rumah Waspada

Sementara itu, pelatih Tampines Rovers, Gavin Lee mengungkapkan skuatnya tak ingin kecolongan seperti ketika disingkirkan Bali United pada kualifikasi Liga Champions Asia 2020.

"Saya respek dengan PSM yang menjadi juara Piala Indonesia. Secara tim, kekuatan mereka setara dengan Bali United," kata Gavin.

Absennya Pluim di mata Gavin tak berpengaruh signifikan pada kekuatan PSM Makassar.

"Pelatih PSM tentu sudah mendapatkan solusi. Saya sudah melihat rekaman laga ujicoba PSM dengan Bhayangkara," kata Gavin.

Menurut Gavin, peta kekuatan di Grup H, relatif seimbang. Selain Tampines dan PSM, Grup H juga dihuni oleh Shan United (Myanmar) dan Kaya Iloilo (Filipina). Tampines ingin memaksimalkan laga kandang mereka di Stadion Jalan Besar.

"Tampines tak ingin kehilangan poin di kandang sendiri," tegas Gavin.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Tampines Rovers (4-3-3): Mohamed Zulfairuuz (kiper); Daniel Bennett, Amirul Adli, Huzaifah Aziz, Nur Muhammad Shah (belakang); Kyoga Nakamura, Zehrudin Mehmedovic, Madhu Mohana (tengah); Irwan Shah, Jordan Webb, Boris Kopitovic (depan).

Pelatih: Gavin Lee

PSM Makassar (4-4-2): Miswar Saputra (kiper); Asnawi Mangkualam, Serif Hasic, Hussein El Dor, Leo Guntara (belakang); Bayu Gatra,Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Ferdinand Sinaga (tengah); Osas Saha, Giancarlo Rodrigues (depan).

Pelatih: Bojan Hodak

 

Video Populer

Foto Populer