Sukses


Memprediksi Kiper Andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta pada 14-23 Februari 2020. Dari jumlah tersebut 4 nama di antaranya berposisi sebagai kiper.

Kiper yang dipanggil adalah Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta), Nadeo Argawinata (Bali United), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Adi Satrio (PSMS Medan). Shin Tae-yong tentu punya alasan khusus memanggil nama-nama di atas ke Timnas Indonesia.

Apalagi posisi kiper sangat krusial buat Timnas Indonesia. Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia tak pernah merasakan clean sheet dalam lima pertandingan yang sudah dijalani.

Gawang Timnas Indonesia tercatat sudah kebobolan 16 kali. Sebanyak 6 gol di antaranya terjadi saat gawang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Keputusan memanggil Andritany kembali sebenarnya cukup dipertanyakan. Pada kenyataannya kiper Persija Jakarta itu sudah tampil buruk pada dua laga awal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, saat melawan Thailand pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Selasa (10/9). Indonesia takluk 0-3 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Meskipun Andritany tak sepenuhnya bisa disalahkan atas terjadinya gol ke gawang Timnas Indonesia. Namun, mau tidak mau Andritany adalah kapten di Timnas Indonesia dan merupakan kiper senior yang saat ini dimiliki.

Sementara itu, Nadeo Argawinata adalah kiper yang patut dicoba di Timnas Indonesia. Nadeo berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-22 ke final SEA Games 2020.

Dalam ajang dua tahunan itu, Nadeo tampil sebanyak enam kali dan mencatatkan dua kali cleansheet. Namun, catatan kebobolan Nadeo mencapai tujuh gol.

Pada usianya yang baru 22 tahun membuat Nadeo Argawinata diproyeksi menjadi kiper masa depan Timnas Indonesia. Jadi, Nadeo bisa menjadi pilihan lain pelatih Shin Tae-yong untuk laga keenam melawan Thailand (26/3/2020).

2 dari 3 halaman

Patut Dicoba

Selain Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi juga layak mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia senior di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kiper berusia 20 tahun itu memiliki postur ideal, yakni 181 cm.

Pada SEA Games 2019, Riyandi mendapatkan kesempatan 1 kali bermain. Namun, kesempatan itu dibayar tuntas dengan pencapaian cleansheet.

Adapun nama terakhir yang masih asing adalah Adi Satrio. Keputusan memanggil kiper PSMS Medan itu terkesan janggal karena masih berusia 18 tahun.

Apalagi laga nanti menjadi panggung perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Namun, Pelatih asal Korea Selatan itu tentu punya alasan khusus memanggil Adi Satrio ke pemusatan latihan Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer