Sukses


Duel Rahmad Darmawan Vs Aji Santoso: Bersaing dalam Kesamaan

Bola.com, Bangkalan - Pertemuan Madura United melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat (14/2/2020), menjadi panggung adu kekuatan pemain. Ini merupakan laga terakhir Grup A Piala Gubernur Jatim 2020.

Dalam laga ini, pelatih kedua kesebelasan juga akan bertemu untuk kali pertama bersama tim masing-masing di laga bertajuk Derbi Suramadu ini. Rahmad Darmawan akan mendampingi Madura United, sedangkan kubu Persebaya di bawah arahan Aji Santoso.

Secara kebetulan, dua pelatih ini pernah bekerja sama dalam sebuah tim. RD (sapaan Rahmad) dan Aji menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013 yang berlanggsung di Myanmar. Saat itu RD menjabat pelatih kepala dan Aji bertindak sebagai asisten pelatih.

Kini, keduanya akan beradu strategi untuk membawa tim masing-masing memenangkan pertandingan. Meski, keduanya sudah kerap bertemu dalam beberapa tahun terakhir dengan status sebagai pelatih kepala.

Secara usia, keduanya terpaut beberapa tahun. Aji yang kini berusia 49 tahun, lebih muda empat tahun dari RD (53 tahun). Tetapi, keduanya sudah sama-sama mengantongi lisensi AFC Pro yang mereka dapatkan tahun lalu.

Rahmad Darmawan, yang baru mulai menangani Madura United musim ini, melakukan sejumlah perubahan komposisi pemain. Dia mendatangkan dua pemain asing, baru yaitu penyerang sayap Emanuel Oti dan gelandang Brian Ferreira.

Dua pemain itu akan dikolaborasikan dengan pemain muda lokal yang berkualitas. Ada Kadek Raditya, Risna Prahalabenta, Dodi Alekvan Djin, Kevy Sahertian, hingga Samuel Simanjuntak.

Aji Santoso juga mengambil kebijakan serupa dengan mendatangkan dua pemain asing baru, Mahmoud Eid dan Makan Konate. Keduanya diharapkan bisa bekerja bersama pemain muda seperti Hidayat, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, dan Supriadi.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Aji Santoso dan RD

RD dan Aji bisa dibilang termasuk pelatih senior di Indonesia. Mereka sama-sama kaya pengalaman dan gemar meracik variasi serangan saat menangani tim. Satu di antara yang cukup kentara adalah kekuatan sisi sayap yang selama ini menjadi andalan.

RD masih berusaha menemukan komposisi terbaik Madura United selama pramusim. Kemungkinan, dia juga tidak bisa menurunkan kekuatan penuh dalam Derbi Suramadu ini karena beberapa pemainnya masih kelelahan.

Jadwal padat bertanding tiga kali dalam lima hari juga menyulitkan Aji Santoso. Apalagi, tiga pemainnya seperti Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, dan Mahmoud Eid, dalam kondisi kurang fit dan diprediksi tidak bisa tampil.

RD dan Aji perlu ngotot menang untuk menunjukkan yang terbaik dalam relasi persaingan Surabaya dan Madura. Persebaya lebih unggul karena memenangi lima pertandingan dari sembilan Derbi Suramadu yang telah berlangsung.

Tetapi, Persebaya dalam kondisi terdesak harus menang untuk mendapat tiket semifinal. Tim Bajul Ijo baru mengantongi tiga poin.

Sedangkan Madura United hanya perlu menahan Persebaya untuk mencapai semifinal, meski sangat mungkin Greg Nwokolo dkk. akan berjuang maksimal mengalahkan sang tamu di hadapan suporter sendiri.

Video Populer

Foto Populer