Sukses


Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya Vs Arema di Semifinal, Persija Curi Gelar dari Jawa Timur?

Bola.com, Malang - Empat tim semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 sudah mengetahui lawannya masing-masing. Persebaya Surabaya menghadapi Arema FC di babak empat besar, sementara di laga lain, Persija Jakarta yang berstatus undangan akan menghadapi Madura United dalam laga yang digelar pada Senin (17/2/2020).

Setelah mencapai semifinal, Persija Jakarta menjadi satu-satunya dari tiga tim undangan di Piala Gubernur Jatim 2020 yang masih akan melanjutkan kiprahnya. Sabah FA, tim dari Malaysia yang ditangani Kurniawan Dwi Yulianto, harus puas finis di posisi ketiga klasemen Grup B. Sementara itu, Bhayangkara FC gagal melangkah ke semifinal setelah kalah telak 0-3 dari Persik Kediri di laga terakhir Grup A.

Praktis kini tinggal Persija Jakarta yang dikepung 3 klub Jawa Timur di semifinal, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Madura United. Lolos sebagai juara Grup B, Persija dipastikan menghadapi Madura United yang lolos berstatus runner-up Grup A.

Sebagai tim yang lolos dengan predikat "beruntung" karena kekalahan Bhayangkara FC dari Persik, Madura United tampaknya menjadi kurang diperhitungkan. Laskar Sapeh Kerap lolos dengan keuntungan selisih gol dari Bhayangkara FC, di mana tim asuhan Rahmad Darmawan itu mencetak 4 gol, tapi kebobolan 5 gol.

Madura United patut gentar menghadapi Persija Jakarta yang boleh dibilang bertabur bintang. Ketajaman Marko Simic, yang dibantu oleh Riko Simanjuntak di lini depan, bakal menjadi ancaman bagi Jaimerson dkk. Belum lagi Persija memiliki skuat yang luar biasa dengan hadirnya Otavio Dutra, Alfath Faathier, dan Marco Motta di lini belakang, dan Evan Dimas di lini tengah.

Persija memiliki kedalaman skuat yang sangat baik pada musim ini. Baik tim utama maupun pelapis memiliki kualitas yang sangat bagus. Apalagi kini mereka menjadi tim paling produktif di Piala Gubernur Jatim dengan tujuh gol dan hanya kebobolan 2 kali.

Menjadi satu-satunya tim non-Jawa Timur tak menjadi penghalang Persija Jakarta untuk berprestasi di Piala Gubernur Jatim 2020. Bahkan mungkin saja Macan Kemayoran bakal menggondol trofi juara itu keluar dari Jawa Timur.

2 dari 4 halaman

Persebaya atau Arema?

Persija Jakarta memang berpeluang besar untuk lolos ke final dengan mengalahkan Madura United di semifinal. Namun, Macan Kemayoran tidak akan bisa menjadi juara dengan mudah.

Persija akan menghadapi Persebaya Surabaya atau Arema FC di partai puncak jika skenario melaju ke final berjalan lancar. Namun, siapa yang bakal melangkah ke final dari laga semifinal yang mempertemukan dua klub sarat rivalitas itu?

Arema FC boleh dibilang memiliki keuntungan ketimbang Persebaya. Alasannya, pertandingan ini akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, markas dari Arema FC. Dukungan penuh Aremania yang tentu tidak akan membiarkan tim kesayangannya menghadapi Persebaya sendirian, bakal menjadi teror bagi Persebaya Surabaya, dan Makan Konate secara khusus.

Makan Konate kembali begitu cepat ke Stadion Kanjuruhan. Pemain dengan jumlah gol terbanyak di skuat Arema FC pada Liga 1 2019, akan langsung kembali ke Kanjuruhan. Namun, dipastikan playmaker yang baru saja didapuk menjadi kapten Persebaya Surabaya saat menghadapi Madura United itu bakal mendapatkan teror hebat dari Aremania.

Bicara soal hasil pertandingan yang dijalani di fase grup, Arema FC lebih unggul. Singo Edan mampu mengemas 6 gol dan hanya 2 kali kebobolan. Sementara Persebaya, hanya mampu mencetak 5 gol dan 4 kali kebobolan.

Absennya sejumlah pemain bertahan Persebaya, seperti Hansamu Yama, Rachmat Irianto, dan Koko Ari Araya, membuat Aji Santoso harus memutar otak di lini pertahanan. Enam gol yang dicetak oleh Arema di fase grup memperlihatkan lini serang mereka punya kualitas dengan keberadaan dua striker baru, Jonathan Bauman.

Namun, Persebaya pun tidak boleh diremehkan. Mengandalkan David da Silva di lini depan, yang didukung Makan Konate dari lini kedua, bisa menjadi ancaman serius bagi Arema FC. Apalagi Makan Konate cukup mengenal karakter permainan mantan rekan-rekan setimnya di Arema.

3 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020

Persebaya Surabaya vs Arema FC

Persija Jakarta vs Madura United

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer