Sukses


Final Piala Gubernur Jatim 2020 Digelar di Sidoarjo, The Jakmania Dilarang Datang

Bola.com, Surabaya - Setelah kerusuhan terjadi di Blitar pada hari semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya dan Arema FC, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) tak mau kecolongan untuk kedua kalinya. Pengamanan ketat akan dilakukan selama final Piala Gubernur Jatim 2020 yang mempertemukan Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya.

Agar tak terjadi insiden seperti di Blitar, Polda Jatim juga meminta The Jakmania, pendukung setia Persija Jakarta, agar tidak datang ke Sidoarjo menyaksikan laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya dengan Persija Jakarta di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Kamis 20 Februari 2020 pukul 15.30 WIB.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, mengatakan pengamanan lebih diperketat untuk mengantisipasi agar kerusuhan seperti di Kota Blitar yang membuat jatuhnya korban luka-luka dan terbakarnya sepeda motor sebanyak 7 unit, tidak terulang kembali.

"Rapat lengkap satuan pengaman dari TNI dan Polri, dari instansi terkait, pihak Pemprov, PSSI, Panpel dan tim kesehatan sepakat agar kejadian di Blitar tidak terulang. Kami akan melakukan pengamanan ekstraketat," ungkap Luki usai rapat koordinasi pengamanan (Rakorpam) final Piala Gubernur Jatim di Gedung Polda Jatim, Surabaya, Rabu 19 Februari 2020.

Pengamanan ketat seperti ini dilakukan mengingat hubungan suporter kedua tim, Bonek dan The Jakmania tidak begitu harmonis.

"Suporter Persebaya dan Persija punya sejarah buruk. Kami sepakat suporter Persija tidak boleh ke stadion. Koordinasi sudah dilakukan dengan pihak Polda Metro Jaya," terang Luki.

Sebagai gantinya, The Jakmania bisa melakukan nobar final Piala Gubernur Jatim 2020 di Ibu Kota, di sejumlah lokasi yang disediakan pihak kepolisian.

Bagi suporter yang masih berada di Malang diimbau tidak bergerak ke Sidoarjo. Seperti diketahui, The Jakmania sempat mendukung skuat Macan Kemayoran di babak semifinal kontra Madura United di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Senin 17 Februari 2020 kemarin.

"Polres Malang juga akan memfasilitasi suporter dengan menggelar nonton bareng," sambung Luki.

 

Video

2 dari 2 halaman

Bonek Boleh Hadir, Persija Gunakan Rantis

 

Sedangkan Bonek diperbolehkan nontong langsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo untuk final Piala Gubernur Jatim 2020. Namun, dengan catatan tidak melakukan tindakan yang berujung pada kerusuhan.

"Kalau ada yang mengacau akan langsung kita tindak tegas," janji Luki.

Untuk pengamanan tim Persija dan ofisial akan dilakukan sesuai prosedur operasional standar. Termasuk prosedur penggunaan kendaraan taktis.

"Tim Persija, pemainnya akan dikawal secara maksimal, kita akan kawal sesuai dengan SOP dengan aturan protap yang sudah ada, baik itu berangkat (ke stadion) maupun kembali (ke hotel)," pungkas Luki.

Video Populer

Foto Populer